Bikers Wajib Siaga, BMKG Bilang Ada Potensi Cuaca Ekstrem Dua Hari Kedepan

Ardhana Adwitiya - Rabu, 28 Desember 2022 | 18:39 WIB
Kompas.com
Ilustrasi pemotor berkendara saat hujan lebat. BMKG sebut ada potensi cuaca ekstrem dua hari kedepan.

MOTOR Plus-online.com - Bikers wajib siaga, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sebut ada potensi cuaca ekstrem selama dua hari kedepan. Belakangan ini beredar kabar soal cuaca ekstrem yang bakal menerpa beberapa wilayah di Indonesia.

Bikers harus siaga dan kalau bisa tidak keluar rumah untuk menghindari cuaca ekstrem. BMKG memprediksi adanya potensi cuaca ekstrem di sebagian wilayah Indonesia selama dua hari kedepan atau pada tanggal 28-30 Desember 2022.

Cuaca ekstrem tersebut berpeluang menimbulkan dampak bencana hidrometeorologi seperti banjir, genangan, dan tanah longsor.

Dikutip dari website resmi bmkg.go.id, cuaca ekstrem akan terjadi di sebagian Provinsi Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, NTB, dan NTT. Berdasarkan prakiraan berbasis dampak Impact-Based Forecast (IBF), ketujuh daerah tersebut ditetapkan berstatus SIAGA.

"Wilayah tersebut diprakirakan dapat mengalami hujan lebat yang berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi," ujar Dwikorita Karnawati, Kepala BMKG dikutip dari keterangan resmi, Rabu (28/12/2022).

Dampak yang dapat terjadi, kata Dwikorita, diantaranya adalah volume aliran sungai berpotensi meningkat drastis sehingga dapat mengakibatkan potensi banjir dan banjir bandang.

Selain itu, besar kemungkinan hujan lebat tersebut mengakibatkan potensi tanah longsor, guguran bebatuan, atau erosi tanah, terutama di daerah-daerah dataran tinggi dan lereng-lereng perbukitan dan gunung.

BMKG mengimbau kepada pemerintah daerah setempat dan masyarakat yang bermukim di sepanjang daerah aliran sungai dan wilayah perbukitan untuk lebih waspada dan meningkatkan kesiap-siagaan.

Baca Juga: 9 Wilayah Diprediksi Bakal Dilanda Cuaca Ekstrem Sampai Tahun Baru, Pemotor Waspada Hujan Lebat

Terutama jika hujan lebat terjadi dalam intensitas yang cukup lama.

Source : bmkg.go.id
Penulis : Ardhana Adwitiya
Editor : Ahmad Ridho




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular