Polisi Lakukan Rekayasa Lalu Lintas Cegah Kemacetan Saat Perayaan Malam Tahun Baru 2023 di Ancol

Indra Fikri - Jumat, 30 Desember 2022 | 11:51 WIB
Instagram.com/ancoltamanimpian
Ilustrasi foto perayaan malam tahun baru 2023 di Ancol, Jakarta Utara.

MOTOR Plus-online.com - Polisi akan melakukan rekayasa lalu lintas untuk mencegah kemacetan saat perayaan malam Tahun Baru 2023 di Ancol, Jakarta Utara.

Rekayasa lalin tersebut akan diterapkan Satuan Lalu Lintas Wilayah Jakarta Utara di sejumlah ruas jalan yang bersinggungan menuju akses Ancol pada malam perayaan Tahun Baru 2023.

Kasat Lantas Satwil Jakarta Utara, Kompol Edy Purwanto mengatakan, pihaknya telah melakukan koordinasi lintas sektoral dan pengelola Ancol hingga Pantai Indah Kapuk untuk rekayasa lalu lintas itu.

"Untuk malam tahun baru sendiri di sekitaran Ancol kami akan melaksanakan rekayasa lalu lintas berdasarkan eskalasi situasi arus lalin dalam hal ini nanti kami akan menerapkan di saat situasi hijau, situasi kuning, dan situasi merah," Kata Edy dikutip Wartakotalive.com, (30/12/2022).

Menurut Edy, situasi hijau dari indikator menunjukkan kantong-kantong parkir di dalam Ancol masih menampung hingga lalin berjalan seperti biasa.

Namun, jika indikator menunjukkan warna kuning maka kantong parkir di dalam Ancol sudah penuh dan kendaraan yang masuk akan dialihkan untuk parkir di area cadangan sekitaran Kemayoran.

"Baik di jalan kemayoran ataupun lahan yang ada di dekat Wisma atlet. Apabila situasi lalin merah itu berarti di sekitaran Ancol untuk arus lalin stuck atau tidak bergerak dengan radius 1 Kilometer," tambahnya.

"Oleh karena itu nanti akan kami alihkan yang dari arah barat atau penjaringan nanti di perempatan parangtritis akan dialihkan ke kampung bandan kemudian kalau harus yang dari arah Kemayoran akan diputar balik di Bundaran Kemayoran," ucap Edy.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata Liburan Tahun Baru di Bandung, Cocok Buat Bikers dan Keluarga

Selain itu, pihak kepolisian juga akan menyekat arus lalin dari arah Jalan Gunung Sahari dialihkan di TL Mangga Dua arah kiri atau Jakarta Pusat hal ini juga berlaku dari arah Tanjung Priok.

"Kemudian untuk di dalam tol kami juga sudah koordinasi dengan Kasat PJR apabila situasi merah, arus lalin dari Ancol Barat nanti akan diluruskan kami arahkan ke arah Tanjung Priok begitu juga untuk arah yang dari Cawang kita luruskan ke Muara karang," sambungnya.

Source : Wartakotalive.com
Penulis : Indra Fikri
Editor : Ahmad Ridho




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular