Alasan Spion Motor Ada Dua, Pakar Safety Riding Bilang Penting

Ardhana Adwitiya - Kamis, 12 Januari 2023 | 21:35 WIB
GridOto.com
Ilustrasi spion motor ada dua.

MOTOR Plus-online.com - Alasan spion motor ada dua, pakar safety riding bilang penting untuk keselamatan berkendara. Masih banyak pemotor yang tidak melengkapi spion motor.

Ada yang pasang spion motor di sebelah kanan saja, bahkan ada yang enggak pakai sama sekali. Padalah menurut pakar safety riding Ikatan Motor Indonesia (IMI) Joel Deksa Mastana, pemakaian spion motor kiri dan kanan sangatlah penting.

"Motor itu kendaraan terkecil di jalan, sehingga penting untuk terlihat dan melihat," ujar Joel saat dihubungi MOTOR Plus-online, Rabu (11/1/2023).

"Jadi saat mau menyusul harus melihat kondisi kendaraan di belakang, maka dari itu penting spion di motor, posisinya tepat dan melihatnya tepat," sambungnya.

Joel memberi penjelasan kenapa spion motor ada dua.

"Karena melihat itu enggak ke kanan saja, tentu ke kanan untuk menyusul tapi kalau mau berhenti perlu spion kiri," lanjut Joel.

"Jadi (spion) kanan dan kiri ini penting," pungkas Direktur Mobilitas Sepeda Motor IMI Pusat itu.

Pemakaian spion motor juga diatur dalam Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan atau sering disebut UU LLAJ.

Baca Juga: Copot Spion Motor Siap-siap Dipenjara Atau Denda Rp 250 Ribu, Ini Dasar Hukumnya

"Setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor di Jalan yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan yang meliputi kaca spion, klakson, lampu utama, lampu rem, lampu penunjuk arah, alat pemantul cahaya, alat pengukur kecepatan, knalpot, dan kedalaman alur ban sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (3) juncto Pasal 48 ayat (2) dan ayat (3) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah)," tulis Pasal 285 ayat (1) UU LLAJ.

Penulis : Ardhana Adwitiya
Editor : Joni Lono Mulia




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular