Pengguna Yamaha NMAX dan Honda PCX Waspada Tangki Bensin Masuk Air di Musim Hujan, Ini Tandanya

Indra Fikri - Selasa, 28 Februari 2023 | 19:25 WIB
Uje/GridOto
Foto ilustrasi. Pengguna Yamaha NMAX dan Honda PCX waspada tangki bensin kemasukan air saat musim hujan.

MOTOR Plus-online.com - Berikut ini ciri-ciri tangki bensin motor Yamaha NMAX dan Honda PCX kemasukan air di musim hujan.

Air bisa saja masuk dari celah manapun di motor Yamaha NMAX dan Honda PCX yang posisi tangki berada di tengah-tengah.

Jangankan Yamaha NMAX dan Honda PCX, motor matic yang tangkinya berada di bawah jok pun banyak yang enggak luput dari kemasukan air.

Ada komponen di motor injeksi yang bisa rusak jika bensin tercampur air di tangki motor, sehingga bikin mogok.

"Memang pada dasarnya bensin yang tercampur air dalam jumlah banyak atau dalam waktu yang lama, akan bikin motor mogok," ucap Dustin, owner Garage +62.

"Jadi kalau motor mogok saat bensin tercampur air itu, karena bensin tidak bisa naik ke injektor. Efeknya, tidak bisa terjadi pengabutan bensin," sambungnya.

"Selain itu, fuel pump motor juga bisa berkarat dan rusak karena air. Kalau sampai kejadian, tidak ada bensin yang mengalir ke mesin," tambah Dustin.

Saat bensin tercampur dengan air, biasanya akan menimbulkan beberapa ciri-ciri khas pada motor.

Baca Juga: Harganya Bikin Ngiler New Honda Spacy Mesin Sudah Injeksi Tampil Kekinian dan Terkenal Bagasi Luas

"Motor yang bensinnya tercampur air pasti bakal sering brebet. Terutama saat bensin sudah tinggal sedikit," sebut pria yang ngebengkel di Jalan Kembang Kerep No.88, Jakarta Barat.

"Jadi misal hanya tinggal dua atau satu bar, motor sering brebet dan rawan mati mendadak, ini efek bensin tercampur air," pungkasnya.

Penulis : Indra Fikri
Editor : Indra GT




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular