Kawasan Ranca Upas Ditutup Untuk Umum, Perhutani Larang Acara Motor Trail Dan Off Road

Indra Fikri - Minggu, 12 Maret 2023 | 08:20 WIB
Kolase Tribunnews.com/TikTok.com
Kawasan Ranca Upas ditutup untuk umum, Perhutani larang kegiatan motor trail dan off road.

MOTOR Plus-online.com - Kawasan Ranca Upas sementara ditutup untuk umum, bahkan Perhutani melarang acara motor trail dan off road.

Hal ini imbas dari rusaknya kawasan Ranca Upas yang terjadi usai kegiatan adventure oleh para motor trail, pada Minggu (5/3/2023).

Kepala Divisi Regional Perhutani Jawa Barat Banten, Asep Dedi Mulyadi mengungkapkan, pihaknya sudah mulai melakukan pemulihan kerusakan tersebut sejak Rabu 8 Maret 2023.

Asep menambahkan, untuk mempercepat upaya pemulihan lingkungan pascakerusakan, dalam waktu dekat pihaknya juga akan mengadakan gerakan rehabilitasi.

Dirinya menyebutkan, langkah lainnya adalah melakukan penutupan sementara kawasan Ranca Upas dari kunjungan wisatawan.

Penutupan operasional sementara Wana Wisata Ranca Upas dari kunjungan wisatawan terhitung sejak tanggal 8 Maret 2023.

Hal ini dilakukan agar pihaknya bersama sejumlah mitra lainnya bisa melakukan penanaman kembali Edelweiss Rawa seperti kondisi sebelumnya.

"Kami bersama-sama dengan anggota Koperasi Edelwis yang merupakan mitra usaha di lokasi wisata Ranca Upas dan penggiat lingkungan setempat, telah melakukan penanaman kembali tanaman Bunga Rawa untuk memulihkan ekosistem pasca kerusakan tersebut," ucap Asep, Sabtu (11/3/2023).

Baca Juga: Enggak Main-main, Perhutani Larang Kegiatan Serupa dengan Event Motor Trail di Ranca Upas

"Melibatkan elemen penggiat lingkungan dan stakeholder terkait lainnya termasuk media," sambungnya dikutip dari TribunJabar.id.

PT Perhutani Alam Wisata melakukan sejumlah langkah untuk memulihkan kondisi kawasan Ranca Upas yang rusak akibat event motor trail.

Penulis : Indra Fikri
Editor : Joni Lono Mulia




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular