Mudik Lebaran 2023 Motor Naik Kapal Bukan dari Merak, Tapi Pelabuhan Ini

Yuka Samudera - Selasa, 28 Maret 2023 | 08:10 WIB
TribunLampung.com
Ilustrasi mudik naik kapal di Pelabuhan. Mudik Lebaran 2023, mudik naik motor menyebrang ke Pulau Sumatera bukan lagi dari Pelabuhan Merak, melainkan Pelabuhan ini.

MOTOR Plus-Online.com - Kabar terbaru soal mudik lebaran 2023, pemudik motor ingin naik kapal laut bukan lagi dari Pelabuhan Merak, akan dialihkan ke Pelabuhan ini.

Bikers atau brother MOTOR Plus yang ingin mudik lebaran 2023 ke Pulau Sumatera naik motor musti simak kebijakan terbaru.

Biasanya, jika pemudik dari Pulau Jawa akan menyeberang naik kapal laut via Pelabuhan Merak - Pelabuhan Bakauheni.

Namun untuk di Lebaran 2023 ini, tampaknya para pemudik motor harus rela menyeberang ke Pulau Sumatera bukan dari Pelabuhan Merak.

Mengutip TribunTangerang.com, Pemerintah akan melakukan pemisahan sepeda motor dan mobil di pelabuhan penyeberangan Jawa-Sumatera.

Pelabuhan penyeberangan Merak-Bakauheni hanya akan melayani mobil dan bus.

Lalu untuk pemudik motor akan menyeberang lewat Pelabuhan Ciwandan di sisi Banten dan Pelabuhan Panjang di sisi Lampung.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menjelaskan alasan mengapa Pelabuhan Ciwandan, Banten, dipakai untuk melayani pemudik motor tujuan Sumatera.

Baca Juga: Kuota Mudik Gratis Masih Tersedia, Yakin Mudik Naik Motor?

Seperti yang dipaparkan oleh Dirjen Perhubungan Darat Kemenhubm, Hendro Sugiatno.

Pemisahan tersebut diharapkan dapat mengurangi beban Pelabuhan Merak.

Penulis : Yuka Samudera
Editor : Ahmad Ridho




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular