Tips Mengusir Ngantuk Saat Perjalanan Jauh Naik Motor Mudik Lebaran 2023

Indra Fikri - Rabu, 5 April 2023 | 19:20 WIB
Dok MOTOR Plus
Ilustrasi. Tips mengusir kantuk saat perjalanan jauh naik motor di mudik lebaran 2023.

MOTOR Plus-online.com - Berikut ini tips mengusir rasa kantuk saat melakukan perjalanan jauh naik motor pada mudik lebaran 2023.

Walaupun pemerintah telah mengimbau agar tidak melakukan perjalanan mudik lebaran menggunakan motor, faktanya pasti akan tetap ada masyarakat yang nekat melakukannya.

Untuk brother yang terpaksa mudik lebaran 2023 dengan motor, selain memeriksa kondisi kendaraan pastikan berangkat dengan kondisi fisik yang prima.

Berkendara menggunakan motor dengan kondisi jalan yang macet dan jarak jauh, tentunya menguras tenaga.

Apalagi dilakukan dengan tetap menjalankan ibadah puasa.

Terkadang ketika masih di jalan, rasa kantuk juga datang akibat kelelahan.

Hal ini tentu berbahaya jika dipaksakan tetap berkendara.

Head of Safety Riding promotion Wahana, Agus Sani mengatakan awal penyebab kantuk karena kelelahan dan kurang oksigen yang salah satunya disebabkan aliran darah tak lancar.

Baca Juga: Serbu Mudik Gratis 2023 Bareng PBNU dan Mandiri, Begini Cara Daftarnya

"Cara untuk menghilangkan kantuk yaitu dengan istirahat dan minum air mineral. Kemudian bisa lakukan olah tubuh (pemanasan)," buka Agus.

Pemanasan yang dilakukan bisa dengan melakukan peregangan ringan pada bagian-bagian lutut, tangan, dan bahu agar aliran darah kembali lancar.

"Jangan lupa untuk membuka helm agar lebih enak peregangannya. Untuk mencegah ngantuk saat berkendara yaitu melakukan pemanasan sebelum riding dan cukup istirahat," tambahnya.

Artikel ini telah tayang di TribunJakarta.com dengan judul Tips Usir Ngantuk saat Mudik Menggunakan Motor, Serta 6 Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Berangkat

Penulis : Indra Fikri
Editor : Aong




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.