Mudik Lebaran Kena Macet Parah, Menhub Budi Karya Sumadi Sarankan Mulai Hari Ini

Galih Setiadi - Kamis, 13 April 2023 | 15:48 WIB
Istimewa via Tribunnews.com
Foto ilustrasi macet parah. Mudik lebaran 2023, Menhub Budi Karya Sumadi berikan saran mulai hari ini.

MOTOR Plus-online.com - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi menyarankan supaya mudik lebaran lebih awal hindari macet parah.

Kabar penting buat bikers, khususnya para pemudik yang sudah berencana berangkat mudik lebaran.

Atau kalau bisa, brother pulang ke kampung halaman mulai hari ini, Kamis (13/4/2023).

Soalnya, Budi Karya memperkirakan, puncak arus mudik Lebaran tahun 2023 ini akan terjadi mulai tanggal 18 sampai dengan 21 April 2023.

"Bagi masyarakat yang sudah bisa libur, silahkan mudik lebih awal mulai hari ini tanggal 13 April sampai dengan 17 April nanti karena jalanan masih tidak terlalu padat," ujarnya mengutip Tribunnews.com.

Sebelum anjuran mudik lebih awal diserukan Menhub Budi, pemerintah memperkirakan jumlah pemudik pada Lebaran tahun ini mengalami lonjakan mencapai 123,8 juta.

Meningkat sekitar 47 persen bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya dimana saat itu jumlah pemudik hanya ada 85,5 juta orang.

Lonjakan pemudik di Lebaran tahun ini diyakini akan terjadi karena Pemerintah sudah tidaka lagi melakukan pembatasan perjalanan seperti di arus mudik Lebaran tahun-tahun sebelumnya karena alasan pandemi.

Baca Juga: Lagi Mudik Bensin Mau Habis, Cari SPBU Terdekat Modal Aplikasi HP Ketemu Titik Lokasinya

Beberapa upaya kini mulai dilakukan pemerintah untuk memecah kepadatan arus penumpang dan kendaraan menjelang mudik lebaran 2023.

Penulis : Galih Setiadi
Editor : Ahmad Ridho




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular