Pengalaman Di Formula E, Fast Charging ABB Apakah Akan Turun Di Balap MotoE Juga?

Didit Abdillah - Minggu, 4 Juni 2023 | 12:45 WIB
DAB/MOTOR Plus
Alat pengisian daya cepat atau fast charging dari ABB yang digunakan di Formula E, juga sudah digunakan di kendaraan masal.

MOTOR Plus-Online.com - Salah satu perusahaan yan bergerak dalam bidang teknologi, ABB mulai merambah ke sistem pengisian daya cepat atau fast charging untuk kendaraan listrik.

Proyek fast charging ABB dimulai dengan melakukan riset dan evaluasi pada kompetisi balap mobil listrik, Formula E yang sudah berjalan sejak 2015.

Setelah sembilan musim berjalan, ABB semakin gencar membuat fast charging untuk kendaraan masal.

Baik itu untuk mobil listrik dan motor listrik di beberapa negara.

DAB/MOTOR Plus
Bas Berix, Project Manager Motorsport ABB.

Namun muncul pertanyaan, apakah ABB akan melakukan support untuk kompetisi ramah lingkungan lainnya seperti MotoE yang digarap Dorna Sports, promotor MotoGP?

"Ya saya tidak bisa cerita lebih jauh, tetapi ikut bergabung di MotoE memang akan menarik karena kami berpengalaman di Formula E," kata Bas Berix, Project Manager ABB Motorsport.

"Belum ada perbincangan lebih jauh dengan Dorna Sports, jadi kami fokus pada projek dengan Formula E dulu sejauh ini," imbuhnya.

"Oiya juga ada perbincangan dengan XtremE yang sedang gencar dengan balapan off-road ramah lingkungan, nanti akan ada kabar lebih dekat," Bas Berix menambahkan.

ABB memiliki alat khusus untuk melakukan fast charging pada mobil Formula E Gen 3.

Baca Juga: Pulang Nonton Formula E Jakarta, Masyarakat Lebih Mudah Pulang Naik Ojol

Dengan kapasitas baterai 47 kWh yang bisa penuh dari 0-100 persen hanya dalam waktu 45 menit saja.

Sedangkan Ducati V21L yang digunakan untuk balap MotoE memiliki kapasitas baterai 18kWh butuh waktu 45 menit hanya untuk mencapai 80%. 

Baca Juga: 9 Daerah Gelar Pemutihan Pajak Motor 2023, Diskon PKB 70 Persen Sampai Insentif Kendaraan Listrik

Penulis : Didit Abdillah
Editor : Joni Lono Mulia




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular