Pabrikan Jepang Keok Dari Eropa Di MotoGP, Ramai Ribut Dorna Turun Tangan Beri Bantuan

Joni Lono Mulia - Jumat, 30 Juni 2023 | 08:50 WIB
MotoGP
Pabrikan Jepang Honda dan Yamaha tampil jeblok di MotoGP 2023 kalah dari pabrikan Eropa bikin Dorna Sports turun tangan soal aturan konsesi buat Yamaha dan Honda

MOTOR Plus-online.com - Ramai ribut soal performa pabrikan Jepang, Honda dan Yamaha, keok dari Eropa di MotoGP 2023, sampai Dorna Sports turun tangan.

Pihak pemegang balapan MotoGP, Dorna Sports, punya usulan untuk turun tangan membantun pabrikan Jepang, Yamaha dan Honda, bisa meladeni motor MotoGP pabrikan Eropa.

Dorna Sports mengusulkan turun tangan agar pabrikan Jepang bisa mengimbangi pabrikan Eropa di MotoGP dengan aturan konsesi.

Yup, sistem konsesi yang diterapkan MotoGP sejak 2014 terkait dengan skuat MotoGP pabrikan bisa dapat kelebihan di musim MotoGP berjalan.

Hak konsesi bagi skuat MotoGP pabrikan bisa mengembangkan mesin di musim MotoGP berjalan.

Semisal dapat alokasi mesin lebih banyak dengan jatah 9 mesin dibandingkan 7 mesin yang sudah disegel sejak awal musim.

Punya jatah sesi uji coba lebih banyak ketimbang skuat MotoGP bukan konsesi, sehingga dengan hak konsesi skuat MotoGP pabrikan bisa mengakselerasi peningkatan performa di musim berlangsung.

Itu sangat bisa diaplikasikan buat skuat MotoGP pabrikan baru, seperti Suzuki di 2015; KTM di 2017 dan Aprilia di 2018-2019 silam.

Bagaimana konsesi berlaku buat pabrikan Jepang, seperti Yamaha dan Honda, diberlakukan?

Baca Juga: Deal! Dorna Ubah Regulasi MotoGP Buat Keringanan Konsesi Untuk Honda dan Yamaha

Source : Berbagai sumber
Penulis : Joni Lono Mulia
Editor : Joni Lono Mulia




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular