Bisa Jadi Bom Kalau Baterai Motor Listrik Meledak, Begini Cara Cegahnya Bro

Galih Setiadi - Rabu, 2 Agustus 2023 | 11:50 WIB
Kolase Istimewa
Foto ilustrasi baterai motor listrik terbakar bisa jadi bom kalau meledak.

MOTOR Plus-online.com - Ngeri banget baterai motor listrik kalau terbakar apalagi meledak bisa jadi seperti bom, nih cara untuk pencegahannya bro.

Banyak kejadian baterai motor listrik meledak, bikers khususnya para pengguna motor tanpa bensin tersebut harus waspada.

Yang perlu dipahami, supaya memadamkan baterai motor listrik meledak atau terbakar enggak bisa sembarangan, perlu Alat Pemadam Api Ringan (APAR) khusus.

Seperti yang disampaikan Pendiri Komunitas Sepeda Motor Listrik Indonesia (KOSMIK), Peter Kho.

"(Penanganan baterai motor listrik meledak atau terbakar) pakai APAR khusus. Perbedaannya (APAR) ini pakai bahan kimia kering, biasanya ditulis pemadam khusus untuk baterai," jelas Peter, Rabu (2/8/2023).

Pemakai motor listrik sejak 2007 ini bilang, kebakaran pada baterai motor listrik berbeda dengan kebakaran lainnya.

"Karena di baterai itu akan terjadi ledakan beruntun, tidak hanya 1 kali seperti kebakaran lainnya. Dan yang terpenting, jika lithium bertemu air, maka akan bereaksi dan menghasilkan hidrogen," tutur Peter.

"Yang mana seperti kita tahu, hidrogen yang nanti tercipta dari reaksi kimia tadi juga sangat entan terhadap api. Jadi, justru kita perlu cegah agar kebakaran ini tidak menciptakan hidrogen," sambungnya.

Baca Juga: Meledak dan Terbakar Terjadi Pada Baterai Motor Listrik Akibat Cara Berkendara Ketahui Sebabnya

Peter menuturkan, ada beberapa hal yang harus dihindari supaya baterai motor listrik tetap aman.

Penulis : Galih Setiadi
Editor : Aong




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular