Motor Hasil Curian Tak Melulu Dijual Utuh, Ada Juga yang Dijual Kiloan

Didit Abdillah - Senin, 7 Agustus 2023 | 15:55 WIB
Dok. Kompas.com
Ilustrasi motor curian.

MOTOR Plus-Online.com - Dalam beberapa kasus curanmor, tak sedikit para maling motor menjual hasil rampokannya ke luar pulau. 

Misalnya pencurian terjadi di Pulau Jawa, tak sedikit motor hasil curian tersebut akan dijual ke Pulau Sumatera atau ke Pulau Madura. 

Anggapan tersebut tak sepenuhnya salah, tetapi para maling motor lebih lihai dalam menjual hasil tindak kejahatannya. 

Salah satunya dijual dengan cara kiloan. 

Eits, ini hanya kiasan yah buan berarti motor dihitung per kilogram, tetapi dijual dengan cara melepas semua suku cadangnya atau disebut juga pretelan. 

Dengan menjual motor hasil curian secara pretelan, tentu akan sulit untuk mendapatkan ciri-ciri motor. 

Pun ini membuat kepolisian sulit untuk menindak para pelaku maling motor karena hasil curiannya sudah tidak terlihat utuh. 

"Tidak usah jauh-jauh, di Gunung Sindur ada satu desa yang semuanya motor curian. Di gunung yang tempat tambang emas ilegal," Kapolsek Tambora, Kompol Putra Pratama mengatakan.

Putra mengatakan, peredaran motor curian sulit dideteksi sebab pemakai yang baru tinggal ganti pelat nomor dan bodi baru.

Baca Juga: Maling Bilang Motor Kunci Setang Kanan Juga Bisa Dijebol dan Dicuri, Gak Aman Dong?

Source : Kompas.com
Penulis : Didit Abdillah
Editor : Joni Lono Mulia




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular