Alva Cervo Senang Hadirnya Motor Listrik Honda EM1 e, Harga Bersaing

Didit Abdillah - Rabu, 16 Agustus 2023 | 08:02 WIB
Kolase/ AHM & IMG
Harga Honda EM1 E (kiri) dan Alva Cervo (kanan) berada di kelas yang sama. Cervo menang spesifikasi.

MOTOR Plus-Online.com - Astra Honda Motor (AHM) sudah meluncurkan produk motor listriknya bernama Honda EM1 e pada ajang GIIAS 2023 (11/8/2023) lalu. 

Secara harga, Honda EM1 e ini berada di kisaran Rp 40-45 juta yang banyak dinilai mahal oleh netizen dan calon konsumen Honda. 

Lantaran dari segi spesifikasi, Honda EM1 e tidak tergolong spesial dibandingkan produk-produk motor listrik asal Cina yang hanya di kisaran Rp 20 juta. 

Sedangkan untuk kelas harga di atas Rp 40 juta salah satu kompetitornya adalah motor listrik Alva Cervo yang diluncurkan pada bulan Mei lalu. 

Alva yang merupakan produk motor listrik dari Indonesia, justru mengaku senang dan tertantang dengan pabrikan Jepang yang akhirnya turun meramaikan pasar motor listrik

"Tentu saja nih dengan adanya Honda di pasar motor listrik, kita jadi bisa belajar bareng, berkembang sama-sama, kalau saya sih senang banget justru," kata Putu Yudha, Chief Marketing Officer, PT. Ilectra Motor Group, produsen motor listrik Alva. 

"Karena motor listrik ini kan pasar baru di Indonesia dan kita masih sama-sama belajar arah pengembangannya akan kemana," lanjutnya saat ditemui di Serpong (11/8) lalu. 

"Honda memiliki pengalaman panjang dan besar dalam membuat motor, pasti dalam membuat motor listrik ini mereka sudah punya langkah yang lebih tepat," Putu Yudha menambahkan. 

Salah satu faktor yang membuat motor listrik Honda EM1 e cukup mahal karena masih CKD atau Completely Knock Down yang masih dikirim dari Jepang, tapi dirakit di Indonesia 

Baca Juga: Tanggapi Motor Listrik Honda EM1 e, Yamaha Segerakan E01?

Sedangkan untuk Alva Cervo sudah memiliki pabrik yang mayoritas komponennya dibikin di Indonesia dan beberapa parts yang impor dari negara lain, khususnya baterai. 

Maka tak heran kalau Alva Cervo kini masih menjadi minat banyak masyarakat karena meski harganya tergolong tinggi jika dibandingkan dengan motor bensin, tetapi spesifikasinya sesuai. 

Dengan keluarnya Honda EM1 e juga membuat Yamaha Indonesia mulai menyegerakan penjualan motor listrik mereka. 

Baca Juga: Komunitas Motor Listrik Bilang Honda EM1 e Bikin Kecewa Spek Ketinggalan Zaman

Penulis : Didit Abdillah
Editor : Joni Lono Mulia




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular