Program Pendidikan Pembalap Dari AHM, Dibina dari Asia Sampai Dunia Juga Dilatih Bahasa Inggris

Didit Abdillah - Rabu, 27 September 2023 | 12:37 WIB
Dok AHM
Dari Astra Honda Racing School (AHRS) sebagai pembinaan awal AHM dalam pembalap muda berkualitas, dibawa sampai ke MotoGP.

MOTOR Plus-Online.com - Sebagai salah satu pabrikan yang fokus dalam membina pembalap muda, PT. Astra Honda Motor (AHM) pun cukup sistematis. 

Penjenjangan pembalapnya dimulai dari kasta terkecil sampai bisa dibawa ke balap dunia pada kancah MotoGP. 

Dimulai dari pemilihan pembalap belia dari kancah balap nasional seperti Kejurnas Motoprix dan OnePrix, pembalap yang mengenal motor bebek atau underbone ini dibawa ke Astra Honda Racing School (AHRS). 

Honda Thailand Talent Cup Official
Decksa Almer, remaja asal Ciamis, Jabar yang resmi jadi juara umum Thailand Talent Cup 2023

Pelatihan di AHRS pun lebih tertata dan berfokus pada motor sport, seperti Honda CBR150R, Honda CBR250RR, dan Honda NSF100 sebagai salah satu motor prototipe. 

Dari AHRS ini lah mereka memperdalam teknik balap, mengenal komponen-komponen pada motor untuk mempermudah komunikasi pada mekanik mengenai kendala motor di lintasan. 

Juga diajarkan mengenai sikap mereka di lintasan, seperti tidak menaruh racing suit dan helm sembarangan. 

Serta bagaimana mengontrol emosi ketika ada bentrok dengan rival. 

Twitter/AsiaTalentCup
Pembalap Indonesia Veda Ega Pratama (7) tempati puncak klasemen Asia Talent Cup 2023.

Selain pembelajaran juga dilatih dengan sistem balapan dan klasemen, lokasinya pun berpindah-pindah guna menambah jam terbang setiap pembalap mengenal berbagai sirkuit di Indonesia. 

Penulis : Didit Abdillah
Editor : Aong




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular