Enaknya Kalau Modifikasi atau Konversi Motor Listrik Enggak Keluar Biaya Sedang Diupayakan Kementerian ESDM

Galih Setiadi - Kamis, 18 Januari 2024 | 18:58 WIB
MOTOR Plus-online.com/Galih
Foto ilustrasi. Modifikasi atau konversi motor listrik enggak keluar biaya bagi yang memenuhi syarat sedang diupayakan Kementerian ESDM.

MOTOR Plus-Online.com - Ini upaya Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) supaya modifikasi atau konversi motor listrik bisa tidak mengeluarkan biaya.

Enggak cuma unit baru, brother bisa punya motor listrik dengan modifikasi atau konversi motor yang ada di garasi.

Apalagi, ada bantuan pemerintah sebesar Rp 10 juta buat modifikasi motor bensin ke motor listrik atau konversi.

Sebelumnya, besaran bantuan pemerintah yang diberikan berada di angka Rp 7 juta.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Jisman Parada Hutajulu bilang biaya konversi motor listrik kisaran Rp 15 juta sampai Rp 17 juta.

"Jadi bantuan pemerintah untuk konversi (motor listrik) ada di Rp 10 juta. Memang, untuk konversi itu (biayanya) di atas Rp 10 juta," ungkapnya di Jakarta, Kamis (18/1/2024).

"Mungkin kalau kita sebut antara Rp 15 juta sampai Rp 17 juta kurang lebih," lanjutnya saat Konferensi Pers ESDM di Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan.

Menurutnya, saat ini pihaknya sedang melobi pihak perbankan.

Baca Juga: Mulai Rp 13 Jutaan Modifikasi Motor Bensin Jadi Motor Listrik atau Konversi dari Motoriz, Syaratnya Gampang Bro

"Nah ini, kita lagi berupaya untuk bicara, komunikasi dengan perbankan bagaimana Rp 5 juta sampai Rp 7 juta ini bisa terselesaikan, bisa diberikan, mungkin di rate-rate tertentu dengan bunga-bunga kalau bisa 0 persen," tuturnya.

Penulis : Galih Setiadi
Editor : Aong




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular