Balapan WSBK Australia 2024 Akan Diberlakukan Sistem Pit Stop dan Ganti Ban, Ini Penyebabnya

Didit Abdillah - Jumat, 23 Februari 2024 | 13:39 WIB
WSBK
Ilustrasi WSBK Australia 2024 di sirkuit Phillip Island.

MOTOR Plus-online.com - Seri pertama World Superbike (WSBK) di sirkuit Phillip Island, Australia akan dimulai akhir pekan ini (23-25/2/2024). 

Ada metode balapan yang berbeda untuk WSBK Australia 2024 pekan ini dengan menjalani pit stop untuk kelas World Superbike (WSBK) dan World Supersport (WSSP). 

Balapan dengan metode pit stop atau flag to flag ini dilakukan karena aspal baru di sirkuit Phillip Island yang lebih abrasif. 

Tak pelak ban belakang Pirelli P-Zero SC0 yang digunakan akan lebih cepat habis karena efek dari aspal. 

Untuk kelas WSBK di Race 1 dan Race 2 hanya akan digelar 20 lap dengan pit stop yang dibuka dari lap 9-11. 

Ban belakang wajib diganti dengan ban yang lebih baru dan mengganti ban depan menjadi opsional. 

"Degradasi ban di Phillip Island akan lebih besar, apalagi jika saat suhu udara panas maka ban bisa mencapai 160 derajat celcius," papar Giorgio Barbier, Direktur Olahraga Sepeda Motor Pirelli. 

"Jika dipaksakan sampai lap 11 maka ban bisa mencapai 200 derajat celcius dan itu akan sangat berbahaya bagi pembalap," sambungnya dalam situs resmi WSBK

"Ban kami sangat baik di suhu sepanas apapun, tetapi kali ini kasusnya berbeda, sehingga keamanan pembalap harus diutamakan," Barbier menambahkan. 

Baca Juga: Kejurnas Sport MRS 2024 Dibikin Lima Putaran, Pakai Metode Balap World Superbike

Penulis : Didit Abdillah
Editor : Aong




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.