Efek Isi Bensin Motor Pas SPBU Isi Stok Bensin, Pantas Diimbau Tunggu Sampai Selesai

Galih Setiadi - Selasa, 27 Februari 2024 | 14:00 WIB
Kolase TribunKaltim/Kompas.com
Foto ilustrasi isi bensin motor (kiri) dan SPBU sedang isi stok bensin (kanan).

MOTOR Plus-online.com - Pantas sering ditutup saat bongkar muat, ternyata ini efek yang mungkin terjadi kalau isi bensin saat SPBU isi stok bensin.

Saat Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum atau SPBU bongkar muat, biasanya operasional sementara dispenser yang terhubung pada tangki penyimpanan akan berhenti sementara.

Kalau sudah selesai, brother dan pengguna kendaraan lainnya bisa mengisi bensin.

Banyak anggapan di balik himbauan untuk tidak mengisi bensin saat truk tangki masih dalam proses pengisian ke tangki penyimpanan SPBU.

Alasannya endapan atau kotoran di dasar tangki penyimpanan SPBU dan truk akan naik ketika proses pengisian sedang berlangsung.

Nantinya dikhawatirkan akan terbawa karena tersedot pompa kemudian masuk ke dalam tangki bensin.

Saat masih menjabat sebagai Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Subholding Commercial and Trading, Putut Andriatno memberikan penjelasan.

"Secara teori benar. Potensi itu ada tergantung beberapa hal, pertama kondisi filter, banyaknya kotoran di dasar tangki dan volume BBM di dalam tangki," kata Putut dikutip dari GridOto.com.

Baca Juga: Pertamina Beberkan Alasan Kenapa Harus Turun dari Motor Saat Isi Bensin

Meski begitu, ia mengatakan tidak menutup kemungkinan bahwa SPBU tetap membuka operasional dengan mempertimbangkan beberapa hal.

Penulis : Galih Setiadi
Editor : Joni Lono Mulia




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.