Makanan Seger dan Sehat Bikin BB Hilang

Motorplus - Rabu, 18 Januari 2012 | 07:33 WIB


Jenis bawang bikin bau keringat tak sedap
Pengendara berkeringat memang hal biasa. Hampir semua pengendara menikmati keringat saat berkendara. Apalagi ketika ngegas di tengah cuaca panas. Kalau keringat menimbulkan bau biasa, artinya masih wajar. Hormon yang berperan mengeluarkan keringat normal.

Tapi bagaimana jika keringat yang keluar menambah kencang bau badan (BB) yang tidak wajar.  "Bau badan disebabkan karena bakteri di permukaan kulit bercampur dengan keringat.  Cara paling efektif dengan cara mandi  teratur dan pola makan sehat," anjur dr. Hannah K.M. Damar, spesialis kulit dan kelamin dari RS Siloam Gleneagles, Karawaci, Tangerang.

Selain bakteri, faktor makanan juga bisa memengaruhi bau badan.  Pola makan sehat dengan makanan bergizi sangat membantu menghilangkan bau badan. Terutama sayuran.

Masyarakat mengenal makanan yang menimbulkan BB tidak sedap. Seperti jenis  bawang-bawangan. Apabila dikonsumsi berlebihan memengaruhi BB jadi tidak sedap. Makanan mengandung keju atau susu juga bisa bikin BB kurang sedap.

Makanan di sekitar kita bisa membantu menghilangkan BB tadi. Terutama jenis daun-daunan. Di antaranya, daun sirih, daun beluntas, daun kemangi. Selain itu bisa juga dipakai temulawak, jeruk purut, jahe atau cengkeh. 

Cara pemakaiannya bisa dengan dikonsumsi langsung atau buat lalapan, ada juga yang direbus dahulu. Untuk  lalapan dipastikan dicuci bersih.

Daun sirih ampuh menghilangkan BB akibat bakteri atau jamur. Karena kandungan minyak asiri di dalam. Caranya dengan merendam beberapa helai daun sirih dalam air panas. Setelah dingin air diminum.

Sedangkan daun beluntas mengandung alkali yang bermanfaat sebagai antiseptik. Bisa langsung disantap sebagai lalap mentah atau dikukus lebih dulu. Paling mudah dijumpai adalah daun kemangi. Zat yang terkandung di daun kemangi berfungsi sebagai antiseptik tubuh.  (motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular