Beda Baut dan Sekrup, Jangan Bingung Lagi Ya!

Motorplus - Senin, 12 November 2012 | 10:12 WIB


Sebelumnya pernah ngebahas soal material baut, klik di sini . Kali ini coba dibahas soal beda baut (bolt) dan sekrup (screw). Kedua peranti ini paling banyak dipakai di motor. Fungsi utama keduanya sebagai pengikat (fastener) dua komponen yang di rangkai di motor.

Nah, kalau dililiat dari namanya memang antara baut (bolt) dan sekrup (screw) punya berbeda. Namun kedua item ini memiliki perbedaan tidak mendasar sekali.

"Perbedaaan dapat diamati dari dari kedua item ini mengacu pada definisi ulir atau thread. Baut memiliki ulir tidak penuh dalam artian ulirnya tidak sampai pada kepala baut. Sedangkan sekrup ulirnya penuh hingga mencapai kepala sekrup tersebut," ujar Alin Lo tim BTKS (Batak Siantar).

Perbedaan lainnya juga bisa diiliat dari kepala antara baut dan sekrup. Umumnya baut tidak menggunakan obeng melainkan kunci, sedangkan sekrup menggunakan driver berupa obeng.

"Terkadang penggunaan mur (nut) juga bisa dipakai untuk membedakan kedua item ini, baut biasanya dilengkapi dengan mur (nut) sedangkan sekrup tidak," lanjut Alin Lo yang bermarkas di Jl. Kenanga Raya, Setiabudi, Medan.

Walaupun perbedaan antara kedua item ini cukup signifikan, namun sering kali saya dibingunkan dengan penamaan yang diberikan oleh mekanik. Bahkan penjual yang tidak paham atas kedua komponen ini ikut bikin bingung.

So jangan lupa ya.  (motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular