Baut Empat Kaki Material Titanium, Selain Kuat Juga Bikin Bobot Mesin Berkurang

Motorplus - Selasa, 1 April 2014 | 15:14 WIB

Mampu kurangi bobot total hingga 160 gram

Pertama kali liat baut blok silinder terbuat dari titanium, saat tim motorplus-online.com bedah Yamaha Jupiter Z besutan Fitriansyah Kete ketika balap di sirkuit Balipat, Binuang, Kalimantan Selatan. “Baru pertama kali kan, lihat baut blok silinder dari titanium,” canda Hawadis selaku Chief Mekanik tim Yamaha Yamalube Nissin SMF KYT TJM.

Tunner ramah ini juga menerangkan keuntungan memakai baut titanium, ketimbang baut dengan bahan logam konvensional. Iya, yang seperti selama ini diandalkan di motor standar tetapi buat balap. Baik itu di motor bebek atau sport non-prototipe macam MotoGP.

Keuntungan yang pertama, jelas mampu mengurangi bobot total dari keseluruhan berat mesin. Efeknya, juga ke motor dong. He,he,he.

Pasalnya, bobot satu baut ini hanya 20 gram! Itu satu baut, lho. Nah, selama ini, buat di pacuan bebek atau sport satu silindernya ada empat empat baut. Nah, 20 gram dikalikan empat, jadi 80 gram.

Jika dibandingkan dengan baut standar, satu baut bobotnya 60 gram. Nah kalau dikalikan empat, berartinya total bobotnya mencapai 240 gram. So, dari aplikasi baut ini saja bobot sudah berkurang sekitar 160 gram.

Itu baru dari bobot ya! Bicara soal kekuatan, pastinya titanium juga lebih unggul dari baut standar. “Bila baut kaki empat masih standar bawaan motor, baut hanya bisa bertahan 1- 2 event saja. Sudah, pasti patah. Kemungkinan dari bahannya yang terbilang tak mumpuni untuk kebutuhan balap. Tetapi untuk harian, jelas mumpuni. Makanya untuk kebutuhan race kita aplikasi,” paparnya.

Hal ini, tidak terlepas dari besarnya rasio kompresi mesin pacuan balap. Jika biasanya rasio kompresi mesin pacuan standar hanya bermain di angka 9,5 : 1 hingga 10,5 : 1, maka di mesin balap bisa sentuh 12,5 : 1 hingga 14,5 : 1. Terbayang dong, besarnya tekanan yang harus dihadapi baut mesin buat ‘mengikat’ blok dan head silinder?

Di ajang balap bebek tahun  lalu, setidaknya ada sekitar tiga atau empat tim balap yang sudah aplikasi baut titanium ini. Semoga ke depan ada produsen yang mau memasarkan produk serupa. Di tunggu aja ya kabarnya. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular