Mengenal dan Pahami Sistem Kerja Pendinginan Radiator, Ganti Part atau Memperbesar Penampangnya

Motorplus - Rabu, 2 April 2014 | 09:03 WIB

Bikin suhu engine lebih adem

Mempercepat pelepasan panas di sistem radiator, bisa dengan cara memperbesar luas penampangnya. Makanya bila sudah tempuh bore up dan panas engine pastinya bertambah, ada juga yang menggantinya dengan radiator aftermarket yang punya spesifikasi lebih lebar dibanding standarnya.

“Honda CBR 250R yang sudah bore up 300 cc untuk menstabilkan suhu engine kita aplikasi radiator aftermarket yang bisa menampung cairan pendingin dua kali lipat dibanding standarnya,” bilang Freddy A. Gautama, dari Ultraspeed Racing.  Tentu, dengan niatan agar panas yang diserap oleh coolant yang melewati water jacket di engine akan mudah mendingin setelah melewati radiator dengan penampang lebih besar.

Coba buka buku tentang pelajaran fisika mengenai sifat pelepasan panas pada zat cair. Disana diterangkan beberapa cara untuk mempercepat mendinginkan air panas. Salah satunya memperbesar luas penampang dan menghembuskan angin ke air panas tadi. Basic pendinginan radiator menggunakan cara ini.

Contoh simpel saat si kakek meminum kopi panas, untuk mendinginkan kopi cara konvesional si kakek menuangkan kopi ke piring kecil dan meniupnya. Cara ini akan lebih mempercepat pelepasan panas dibanding pelepasan di dalam gelas.

“Selain mengganti part standar dengan aftermarket. Di Kawasaki Ninja 250, bisa ditambah dengan radiator KLX 250 bagian kiri. Jadi radiator dibikin double. Ini juga bisa mempercepat pelepasan panas engine,” bilang Angga Kurniawan, owner speed shop Anjani Racing. (motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular