Modifikasi Yamaha Byson 2011 Bali, Cukup Aplikasi Komponen Bolt On

Motorplus - Minggu, 16 Februari 2014 | 19:48 WIB

Yamaha Byson dengan desain naked bike terlahir jadi besutan sport yang kental nuansa turing. Namun, saat di tangan pemilik motor, berbagai gaya dan aliran modifikasi dapat diaplikasi. Belakangan yang banyak diminati modifikasi Byson dengan ubahan body full dress alias berfairing.

“Sosok kaki-kakinya yang sudah kekar, lebih cocok dibuat bergaya motor sport sejati,” ujar I wayan Sukarmana, pemilik Yamaha Byson yang mempercayakan Penggarapan motornya di workshop Cakra Family di bilangan Bukit Pecatu, Uluwatu, Bali.

Satu set body sudah tersedia, makanya proses pemasangan ke bodi motor pun enggak perlu makan waktu. “Bodinya sengaja didesain lebih besar. Jadi, tongkrongannya mirip seperti Ninja 250 cc,” jelas pria ramah ini.

Untuk mengimbangi areal bodi, ubahan kaki-kaki juga dimaksimalkan. Seperti lengan ayun yang aplikasi part bolt on produk RD Racing. Asyiknya arm bolt on ini, desainnya dibuat mirip seperti lengan ayun moge macam Yamaha R6. Jadi, Wayan pun usah repot-repot lagi bikin lengan ayun custom yang tentunya bakal makan waktu lebih.

Buat areal depan, suspensi standar dirasa cukup mumpuni. Itu karena sok teleskopik Byson sudah memiliki diameter yang cukup besar. Ya, 43 mm. “Saya tinggal mengimbangi pemasangan peleknya saja, pilih lingkar roda bertapak lebih lebar dari standar,” lanjut Wayan yang andalkan pelek lokal Power.

Oh ya! Areal kemudi pastinya ikut mengikuti gaya motor sport dengan memasang setang model jepit. Bukan sendal jepit lho. He,he,he. Sedangkan sebagai pemanis, arael segitiga atas dudukan riser dipasangi produk variasi dari J Speed berpadu dengan handle rem dan kopling yang andalkan produk KTC.

“Beberapa label part racing ditempel pada bodi. Tujuannya biar nuansa sportnya makin kental, bro,” tutup Wayan yang mempercayakan saluran buangnya dengan produk R9 Racing.

Sebagai pamungkasnya untuk kelir seluruh bodi mengandalkan warna khas Yamaha dengan memainkan paduan kelir merah dan putih. Tapi, enggak dibuat layaknya livery pacuan Yamaha di MotoGP ya. Biar beda...! (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI

Ban depan : Swallow 100/60-17

Ban belakang : Swallow 120/70-17

Knalpot  : R9 Racing

Pelek belakang : Power

Cakra Family: 0813-38690061

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular