Penetapan Regulasi Baru Factory Bike 2 di MotoGP 2014, Bakal Ditetapkan Hari ini?

Motorplus - Senin, 17 Maret 2014 | 11:53 WIB

Pekan lalu adalah rencana penetapan regulasi baru di ajang balap MotoGP 2014 yaitu kategori Factory Bike (FB) 2. Menyusul adanya protes yang dilakukan tim Repsol Honda tentang indikasi pelanggaran regulasi tim Ducati. Apalagi Dorna Sports selaku promotor MotoGP pun menilai bahwa Ducati mengambil terlalu banyak keuntungan di kategori Open Class (OC).

Meski komitmen tersebut sudah sedemikian besarnya, namun hingga sekarang belum ada regulasi baru yang ditetapkan Grand Prix Commission (GPC). Sejumlah rumor pun kembali mengalir, bahwa hari ini adalah hari terakhir penentuan regulasi baru yang mereka sebut FB2 itu. Tidak jelas seperti apa modelnya, namun banyak yang mengatakan bahwa usulan 9 mesin per musim dan 22,5 liter bbm per race adalah yang pasti.

Rumor lain yang berkembang tentang penetapan regulasi baru ini adalah tentang semua tim yang berada di kategori FB, bebas melakukan perpindahan ke kategori OC, jika memang mereka merasa tidak kompetitif. Ada juga yang mengkritisi tentang posisi Ducati.

Bahwa bagaimana pun Ducati akan tetap berstatus tim OC jika masih bisa melakukan riset di musim berjalan. Karena kalau statusnya FB atau FB2, ya harus sepakat untuk tidak riset di musim berjalan.

Belum lagi regulasi perpindahan status tim Ducati jika mereka berhasil meraih 1 kali kemenangan, 2 kali finish kedua, dan 3 kali finish ketiga. Semua regulasi ini terlalu kompleks, lantaran di MotoGP sendiri sudah ada 2 kategori dengan aturan yang kompleks. Semoga hari ini ada resolusi yang tepat dari GPC, agar tidak terjadi kebingungan pada peserta dan fans. (motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Nurul




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular