Red Bull Bakal Tinggalkan Formula 1 dan Beli Hak Paten MotoGP dari Bridgepoint?

Motorplus - Kamis, 3 April 2014 | 12:14 WIB

Kejutan besar sektor bisnis di balap dunia bakal kembali terjadi di ajang balap Formula 1 yang sangat erat kaitannya dengan MotoGP. Kabar besar ini datangnya dari Red Bull. Produsen minuman berenergi asal Austria itu dikabarkan bakal meninggalkan ajang balap Formula 1. Yaitu termasuk sponsorship di tim balap dan juga sponsor event.

Komitmen meninggalkan dunia balap Formula 1 tersebut, kabarnya bakal segera mereka lakukan di akhir musim 2014 mendatang. Pengumumannya sendiri baru akan dilakukan di perhelatan Formula 1 Bahrain (6/4). Tapi yang mengejutkan karena penarikan diri Red Bull dari balap jet darat, adalah karena perusahaan milik Dietrich Mateschitz itu ingin membeli hak paten MotoGP dari Bridgepoint.

Tujuan pengumuman yang bakal mereka lakukan di Formula 1 Bahrain pekan ini, adalah agar mereka bisa mengkonfirmasi pengambil-alihan hak paten MotoGP pada MotoGP seri Austin dua pekan mendatang.

Seperti yang kita ketahui, Bridgepoint merupakan perusahaan induk tempat bernaung Dorna Sports untuk event MotoGP dan World Superbike Championship (WSBK). Sejak tahun 2006 silam, perusahaan ini mengakuisisi kepemilikan saham Dorna Sports untuk MotoGP sebesar 71 persen.

Namun krisis global yang terjadi terus-menerus, membuat kepemilikan saham Bridgepoint turun. Makanya mereka berniat menjual sebagian besar saham kepada perusahaan lain. Red Bull pun melihat ini sebagai peluang besar. Lantaran mereka melihat segmen tontonan balap MotoGP sesuai dengan segmen yang mereka ingin sasar. Yaitu segmen pemuda.

Kabarnya Bridgepoint sendiri telah menjual sahamnya sebesar 70 persen kepada Red Bull. Sementara dari Dorna Sports, Red Bull juga mengambil-alih saham sebesar 32 persen. Dengan syarat penyelenggaraan MotoGP akan ditangani langsung oleh Red Bull.

Hal ini dilakukan oleh Mateschitz, mungkin didasari regulasi penyelenggaraan F1 yang membuatnya semakin geram. Makanya mereka baru akan mengumumkan hal ini di F1 Bahrain dan kemudian berlanjut ke MotoGP Austin sepekan kemudian. Kabarnya tim Red Bull Racing dan Toro Rosso juga akan ditarik. Itu berarti akan meninggalkan 4 pembalap yang mereka miliki selama ini.

Saat ini Red Bull sendiri menjadi sponsor besar di 3 seri MotoGP. Yaitu MotoGP Austin, MotoGP Laguna Seca dan MotoGP Indianapolis. (motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Nurul




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular