Biaya Modifikasi Motor Dua Kali Lipat Harga Motornya

Motorplus - Kamis, 2 Oktober 2014 | 07:00 WIB

Entah apa yang membius pecinta supermoto di Tanah Air yang begitu mengagungkan sosok Aprilia SXV550. Tapi, faktanya limbah besutan supermoto asal Italia itu laris manis. Bahkan pemilik motor yang mau modifikasi, rela inden copotan part-nya.

Seperti Kawasaki KLX 250 garapan Caos Custom Bike (CCB) ini, full Aprilia SXV550. Mulai dari rangka sampai kaki-kaki. “Istimewanya motor ini karena dari pabriknya sudah bergenre supermoto.Nggak seperti motor pabrikan lain yang diambi dari besutan Spesial Engine,” urai Lerry Rahmat Rizky yang buka workshop di Jl. Pancoran Barat, Jakarta Selatan.

Ia juga berbisik, pemilik motor ini rela habiskan dana Rp 150 jutaan buat modif plus belanja partnya. Ck..ck..ck..!

Untuk mengkawinkan mesin KLX 250 ke rangka Aprilia SXV550, harus presisi. Karena dapur pacu aslinya adopsi model V engine. Sementara KLX250 hanya satu silinder. Rangka aluminum SXV550 dilas ulang untuk bikin dudukan buat mesin KLX 250.

Berhubung dimensi mesin KLX 250 ini besar, alhasil saat nangkring di rangka SXV, bagian tengah motor jadi terlihat padat. Hanya perlu isi ruang kosongnya dengan filter udara KLX 250. Kebetulan dimensinya juga pas.

Ogah dibikin pusing dengan kaki-kaki, sok depan dan lengan ayunnya sekalian saja pakai punya Aprilia SXV550. “Hanya mesin V-nya aja yang enggak dipakai. Lainnya, semua ori bawaan SXV550,” urai builder ramah ini.

Demikian juga dengan bodinya, pakai limbah motor yang sama. Jadi, kalau dilihat sekilas, dijamin bakal terkecoh dan mengira kalau motor ini asli SXV550. Tetapi setelah lihat mesinnya, baru akan ngeh kalau basic motor adalah KLX250.

Untuk grafis body, identitas Kawasaki KLX 250 tetap dicuatkan. Makanya dipilih decal yang memadukan kelir hitam sebagai warna dasar, dan hijau buat stripingnya. "Agar ciri besutan supermoto makin kental, pelek dibuat two tone alias 2 warna," urai Lerry. (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI

Ban depan      : Pirelli 120/60-17

Ban belakang      : Pirelli 160/70-17

Knalpot       : Custom

Pelek       : Excel

CCB         : 0817-0089400

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular