Pasang Volt Meter Biar Tahu Aki Soak

Motorplus - Minggu, 22 November 2015 | 14:01 WIB

Untuk memantau kondisi aki, sobat bisa pasang Voltmeter biar tahu aki soak. Jangan pusing karena part ini bisa dibeli di pasaran. Biasanya, kabel yang disediakan oleh produsen voltmeter hanya ada dua. Kabel merah untuk positif (+) dan hitam negatif (-).

“Cara pasang voltmeter biar tahu aki soak mudah. Sambung kabel merah dari voltmeter ke arus positif kunci kontak. Sedangkan kabel hitam, bisa disambung ke kabel negatif ataupun ke rangka. Jika dihubungkan pada aki, voltmeter akan menyala terus meski kontak Off,” jelas Royan Frima dari Royyan G6 LED Revolution.

Setelah terpasang, tinggal pantau kondisi aki yang terdeteksi voltmeter. Jika angka pada voltmeter kurang dari 12 volt saat mesin idle, maka aki lemah. Bisa jadi tidak ada pengisian atau rpm saat idle terlalu kecil. Jika angka melebihi 15 volt, patut diwaspadai karena bisa jadi kiproknya jebol. Arus yang masuk ke aki bisa terlalu besar. Jika didiamkan, aki bisa melendung atau soak. Jadi, mending pasang voltmeter biar tahu aki soak(www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular