Yamaha Jupiter Z1 Pemimpin Klasemen MP2 MotorPrix Region Kalimantan

Motorplus - Kamis, 25 Agustus 2016 | 17:30 WIB

Roedy Salim salah satu tipikal pembalap yang suka dengan power yang liar. Tapi, Roedy butuh penyesuaian untuk menjinakkan Yamaha Jupiter Z1 Injeksi racikan Danny tunner asal Jawa tuh. Hasilnya Yamaha Jupiter Z1 milik tim Yamaha Reny Abadi KYT HRP Racingline MBKW2 Teras AHRS jadi memimpin klasemen MP2 Region 4 (Kalimantan).  

Yamaha Jupiter Z1 MP2 memimpin klasemen MP2 Region Kalimantan ditangani sang juruk korek, Danny. Danny fokus di kompresi mesin yang cukup tinggi pada angka 11,8:1 supaya bisa bersaing di barisan depan. Toh nyatanya kompesi segitu juga cocok dengan karakter pembalap Roedy.

Tidak percaya? Silakan lanjut bacanya.

Throttle Bodi

Pada Injeksi justru paling penting pada racikan throttle bodi dan ECU, makanya Danny mempercayakan throttle bodi milik SYS yang dikolaborasikan dengan ECU Aracer yang memang lebih lengkap untuk maping datanya.

“Settingan tersebut bakal terasa di 7000 RPM, enaknya lagi Aracer lebih mudah pengaplikasiannya. Jadi tinggal lihat karakter sirkuit saja kok,” imbuhnya.

Gigi Rasio

Permainan gigi ratio wajib dilakukan kebanyakan mekanik, wajar untuk mengejar performa yang bagus. Makanya mekanik asal Jawa ini mengadopsi ukuran 13-33/16-29/19-27/21-25 yang sudah diperhitungkan untuk sirkuit permanen yang lebih banyak rolling speed.

“Rata-rata pakai ratio itu kok di semua sirkuit Kalimantan, jadi tinggl menyesuaikan segalanya dari ECU,” ungkap mekanik yang bermarkas di Jl Rejosari 01/12 Jogotirto Berbah.

Piston

Mempercayakan piston berlabel SND berdiameter 53,4 mm membikin mendem 5 mm, untuk klepnya menggunakan ukuran 28 mm (in) dan 24 mm (ex). Ketemunya total durasi kem menjadi 275 (in) dan 273 (close). “Magnet sudah diganti SND rotor yang lebih cocok dengan tipikal motor yang dibekali injeksi, lebih praktis dan efeknya juga cukup besar,” imbuhnya.

Data Modifikasi

Ban : IRC Fast1, 90/80

ECU : Aracer

Throttle bodi : SYS

Knalpot : Creampie

MBKW2 : 0817260601

(www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular