Sistem Penalti Dihapus Di Gelaran MotoGP

Motorplus - Sabtu, 1 April 2017 | 11:28 WIB

Komisi MotoGP memutuskan menghapus sistem poin penalty di gelaran 2017 ini. 

Anggota komisi MotoGP yang terdiri dari Dorna, FIM, IRTA dan MSMA menganggap aturan penalti ini tak diperlukan lagi.

“Dengan pertimbangan FIM MotoGP Steward memiliki  banyak opsi hukuman, maka hukuman sistem poin tak lagi digunakan,”  begitu statemen dari FIM.

Saat awal gelaran MotoGP 2016, Komisi memberlakukan aturan diskualifikasi jika seorang pembalap mengumpulkan 10 poin penalty dalam setahun. Aturan ini buntut perubahan dari insiden Valentino Rossi dan Marc Marquez di Sepang 2015.

Ketika itu, Rossi dianggap sengaja melebar dan kontak Marc akibatnya Marc  jatuh. Pembalap Italia ini beranggapan, Marc berupaya membantu Jorge dalam perebutan gelar juara 2015. Akibatnya Rossi terkena 3 poin penalty. Dan dari akumulasi poin yang dikumpulkan sebanyak 4 poin, maka The Doctor harus start di urutan paling buncit race penentuan di Valencia.

Banyak pihak beranggapan hukuman harus dikenakan saat balapan berlangsung bukan di seri berikutnya. Hukuman setelah balapan usai memang membuat race director memiliki waktu untuk melakukan verifikasi baik melalui tayangan ulang maupun wawancara dengan para pihak pembalap.

Dengan dihapusnya hukuman ini, penalti akan dilakukan melalui diskresi FIM MotoGP Steward. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Nurul




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular