Awas Rem Macet, Karena Kampas Rem Habis Sebelah

Rabu, 26 April 2017 | 20:45 WIB

Pernah ngalamin kampas rem cakram hanya kemakan sebelah bagian yang mengakibatkan rem macet mendadak?

“Jika kampas rem hanya kemakan sebelah, itu ciri-ciri pergerakan piston kaliper mulai seret. Kalau didiamkan, bisa membuat rem macet akibat piston kaliper ogah balik. Seretnya piston kaliper ini, biasanya karena kotoran sudah terlalu menumpuk,” buka Ricard Riesmala, mekanik A2 Speed.

Proses kampas rem hanya kemakan sebelah yang bikin kampas rem macet ada penyebabnya.

“Ketika rem ditekan, piston kaliper yang macet akan membuat kampas rem aktif (yang didorong piston), jadi terus nempel ke piringan. Akhirnya membuat kampas rem di sisi itu jadi kemakan. Sementara kampas rem yang diam, gesekannya tidak sekuat kampas aktif,” terang pria yang buka praktek di Jl. Joglo Raya 92E, Jakarta Barat.

(BACA JUGA: Mudah Ganti Kampas Rem Belakang Yamaha NMAX)

Untuk mengatasi supaya kampas rem enggak kemakan sebelah, mau tak mau kaliper harus diservis.

Komponen yang juga disebut ’kepala babi’ ini, kudu dibersihkan secara menyeluruh, terutama di bagian pistonnya.

“Saat ganti kampas rem, usahakan perhatikan keausan kampas remnya. Jika tampak kemakan sebelah, mending minta ke mekanik untuk sekalian bersihkan kalipernya dari kotoran kotoran pakai penetran. Itu agar pergerakannya pistonnya kembali lancar,” sarannya.

Selain itu, di bagian seal piston, kudu diolesi gemuk, supaya tendangan balik piston mulus dan cepat. “Sekalian lumasi as floatingnya, agar gerakan kaliper ke kiri dan kanan lancar juga. Kadang mekanik suka luput bersihkan dan lumasi kaliper saat ganti kampas rem,” tutupnya. (www.motorplus-online.com)

Source : MOTOR Plus
Penulis :
Editor :

Video Pilihan


YANG LAINNYA

TERPOPULER +

Tag Popular