Awas Salah Pakai Kunci Ratchet Gampang Rusak

Nurul - Rabu, 10 Mei 2017 | 06:09 WIB

Awas nih buat sobat yang rajin bongkar pasang motor sendiri, ternyata masih banyak yang salah kaprah tentang cara pakai kunci ratchet.

Buat yang belum tahu, kunci jenis ratchet itu adalah kunci yang bisa diputar mundur tanpa harus mencopot kunci dari mata baut.

Penggunaan kunci ratchet bisanya dipakai untuk mempercepat proses buka atau pasang baut.

Namun, kalau salah perlakuan kunci ini mekanisnya gampang slek dan tidak bisa digunakan lagi.

"Kebanyakan yang salah langsung membuka baut menggunakan kunci ratchet. Seharusnya untuk momen bukaan pertama pakai kunci statis dulu. Karena beban bukaan pertama besar bisa membuat mekanis ratchet rusak," buka Tommy Chandra, Manager PT. Multindo Sejahtera produsen perkakas merek Max Power.

(BACA JUGA : Ini Jawaban Johan Zarco Bisa Mengalahkan Valentino Rossi MotoGP Jerez)

Tommy menambahkan, meski mekanisnya ratchet ini berbahan besi, geriginya bisa gampang terkikis kalau terus dipaksa menerima beban besar.

Makanya, Tommy menyarankan penggunaan kunci ratchet untuk mempercepat proses buka atau kencangkan baut saja.

"Kalau sesekali atau dalam keadaan terpaksa sih tidak apa. Karena namanya besi terkikisnya secara perlahan. Tapi kalau dipakai untuk beban berat terus dijamin sebagus apapun kuncinya akan terkikis," wanti Tommy.

Nah, buat yang sudah tahu silahkan share ilmu kalian ke yang lainnya. (www.motorplus-online.com)

Source : MOTOR Plus
Penulis : Nurul
Editor : Nurul




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular