Aplikasi Fuel Pressure Regulator di Yamaha NMAX

Kamis, 29 Juni 2017 | 20:01 WIB

Sejatinya, Fuel Pressure Regulator (FPR) sering diaplikasikan pada kendaraan roda empat bersistem injeksi era ‘90-an.

Fungsinya termasuk krusial, yakni menjaga tekanan bensin tetap stabil dan dapat mengatur tekanan bensin sesuai kebutuhan mesin.

Peranti ini juga bisa digunakan buat dongkrak performa mesin loh, dan bisa diaplikasikan di motor bermesin injeksi.

Apalagi kini ternyata sudah ada yang jual buat motor.

(BACA JUGA : Regulator Turbo Charger, Pengisian Aki Lebih Cepat)

Seperti yang diterapkan gerai Ai-Tech pada Yamaha NMAX mereka.

"Karena NMAX ini sudah bore-up 180 cc, jadi butuh semprotan bahan bakar lebih banyak. Makanya coba pasang FPR keluaran SARD ini. Pengaruhnya lumanyan terasa, karena bisa buat ngatur banyak dikitnya besin yang masuk ke injektor," tukas Yodi Aminarko, penggarap project NMAX ini.

Cara pemasangannya juga tidak terlalu rumit.

“Tinggal mengubah jalur slang bensin bawaan motor, pakai beberapa slang bertekanan,” bilang Yodi.

Jadi, cukup menghubungkan FPR ke tangki bensin dan injector saja pakai slang-slang tadi.

Oiya, di tangki bensin sudah ada alat khusus yang merupakan paketan dari FPR ini! Yodi juga pakai tangki bensin berbahan aluminium berlabel BRD.

“Kalau mau setting tekanan bensinnya, tinggal putar nipple setelannya yang di atas di atas FPR pakai kunci 11 mm. Sembari perhatikan tekanan sudah mencapai berapa bar pada indikatornya. Fungsi alat ini ada dua, bisa tau tekanan bensinnya, juga bisa sebagai rpm,” tukas pria bertubuh jangkung ini.

Sebenarnya, lanjut Yodi, pemakaian FPR di motor sudah jadi virus dari Thailand.

"Di sana sudah ada beberapa motor yang sudah pakai alat ini, termasuk NMAX dan Sonic.Tapi, khusus untuk drag. Itu yang bikin penasaran buat terapin ke NMAX. Ternyata hasilnya joss," aku Yodi yang bermarkas di Green Lake City, Ruko Great Wall Blok C10, Tangerang.

Sayangnya, alat bermerek SARD ini tergolong mahal, sob! Karena harus merogoh kocek hingga Rp 12 juta untuk mendapatkannya. Wew! Noval (www.motorplus-online.com)

Yodi Ai-Tech: 0812-1015-5520

Source : MOTOR Plus
Penulis :
Editor :




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular