Tren Beli Mesin di Balap, Cara Instan Motor Kencang

Nurul - Sabtu, 17 Juni 2017 | 07:36 WIB

Tren beli mesin balap dari tuner beken masih banyak terjadi di Indonesia.

Umumnya yang membeli tim-tim balap dari luar Jawa seperti tim balap Sumatera, Sulawesi, Kalimantan bahkan Papua.

Mereka membeli mesin balap jadi dari mekanik nasional yang motornya kencang.

Kebanyakan mekanik dari pulau Jawa yang jadi barometer balap nasional.

“Di region 5 (Sulawesi) rata-rata tim pakai mesin bikinan mekanik Jawa. Paling banyak dari tim Yamaha yang rata-rata mengandalkan mesin korekan mekanik Jawa. Kalau tim Honda-nya masih ada yang bikin mesin sendiri,” buka A. Muhamad Salam alias Lilo dari tim Honda Lilo AK KYT Hogo FDR aRacer Bone.

(BACA JUGA : Masalah Yamaha Sudah Diingatkan Valentino Rossi Sejak Tahun Lalu )

Untuk di region 1 (Sumatera), motor-motor bikinan mekanik Jawa juga masih ditakuti.

Dua tahun lalu motor bikinan Merit MRT Solo cukup merajalela di region 1.

Namun, di era mesin injeksi ini trennya sedikit berubah.

“Sepertinya tahun ini tidak ada yang pakai mesin buatan Merit MRT. Sekarang tim di Sumatera banyak yang pakai mesin buatan Hawadis HDS Racing Jakarta dan Gendut GDT Racing Jogja,” yakin Gustomo, Manager tim Yamaha Canasta yang andalkan mesin bikinan Pusaka Racing Jogja.

“Di Kalimantan ada 3 tim Honda yang pakai mesin buatan saya. Untuk tim Yamaha sudah ada mekanik sendiri yang pegang di MBKW2. Selain di Kalimantan, tim-tim Sumatera dan Sulawesi juga ada yang pakai mesin buatan MBKW2,” ucap Haris Sakti alias Mletis yang sukses dengan bengkel MBKW2 di Jogja.

Yang menarik lagi motor-motor yang ada di wilayah Papua.

Kebanyakan motor yang digunakan motor-motor yang pernah menjadi juara di pulau Jawa.

Yup, tidak sedikit tim yang membeli motor balap utuh dari Jawa untuk dibalapkan di Papua.

“Trennya memang begitu. Kita cari motor kencang di Jawa lalu kita pakai balap di Papua. Biasanya motor kecang dan terkenal yang pernah juara Nasional. Bukan cuma motor, pembalap-pembalap nasional yang jago di Jawa juga banyak diajak balap di Papua,” tutur Erick Warikar, Korwil IMI Supiori, Papua yang memboyong Yamaha Jupiter Z1 juara nasional untuk balap di Papua.

Saat ini memang banyak mekanik nasional yang menerima order bikin mesin balap.

Namun, dari sekian banyak mekanik ada empat nama top yang jasanya rajin digunakan yakni Hawadis HDS Racing, Mletiz MBKW2, Gendut GDT Racing dan Pusaka Racing Jogja.

Mesin bikinan mereka cukup ditakuti karena punya tenaga besar dan daya tahan yang bagus. Makanya bisa kencang dengan cara yang instan. (www.motorplus-online.com)

Source : MOTOR Plus
Penulis : Nurul
Editor :




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular