Sindoro, Mio 59-an Jawara Bekasi Yang Digas Joki Cewek!

Indra - Minggu, 2 Juli 2017 | 21:00 WIB

Aslamafsal Sabila, gadis 17 tahun yang doyan banget geber motor balap. Tapi, bukan sembarang motor loh, melainkan untuk balap lurus 500 meteran. Tak jarang Sabila ngegas sendiri Yamaha Mio 2012 miliknya, yang dinamai Sindoro ini.

“Berawal dari putus cinta, jadi keterusan main motor sampai sekarang. Motor ini jadi pelampiasan, dari yang tadinya cupu, sekarang mulai diperhitungkan. Mau coba?” bilang Chaca, sapaan akrabnya.

Nah, obatin dulu deh motor balapnya, baru boleh mengobati hati yang punya motornya.

1. BORE UP. 

Langkah bore up ini, menggunakan piston NPP diameter 59 mm. “Dome piston dibikin 3 mm. Lalu, jarak mendem piston antara bibir blok saat berada di Titik Mati Atas (TMA) sebanyak 0,5 mm dengan paking bawah terpasang. Saat diburet, menghasilkan rasio kompresi 13,5 : 1,” sebut Iyan Hardiansyah, sang mekanik dari YMC Racing.

2. STROKE UP.   

Selain bore up, langkah stroke up juga ditempuh untuk mengail power dan torsi besar. “Stroke up dilakukan dengan menggeser posisi big end sebanyak 5 mm. Total naik-turun langkah piston nambah 10 mm, jadi 67,9 mm (standar 57,9 mm). Jika dihitung menggunakan rumus, kapasitas silindernya jadi 186 cc,” lanjut Yoyo, panggilan akrab Iyan.

3. HEAD SILINDER.

Buat mengimbangi kapasitas mesin yang bengkak, kedua klep diganti berdiameter lebar, yaitu pakai 30/25 mm (in/ex). Pengatur buka-tutup klep, diracik ulang, dengan hitungan klep isap membuka 35º sebelum TMA (Titik Mati Atas) dan menutup 60º setelah TMB (Titik Mati Bawah). So, durasinya jadi 35º+180º+60º = 275º. Durasi buka tutup klep buang pun sama, tapi ngebuka di 61º sebelum TMB dan menutup di 34º setelah TMA.

4. CVT.

Penerus tenaga ke roda belakang, dibikin seringan mungkin. Seperti puli depan yang dibubut dan dibikin lubang-lubang, untuk mengakali bobotnya supaya lebih ringan. “Sudut puli depan dibikin 13,5°, roller-nya menggunakan 10 gram sebanyak 5 buah,” beber mekanik yang mangkal di Jl. Kemandoran Tugu, RT 07/022, Pekayon Jaya, Bekasi Selatan.

Data Modifikasi

Ban depan           : FDR 50/90-17

Ban belakang       : Eat My Dust 60/80-17

Knalpot             : Kustom

Stabilizer stang   : Ride It (www.motorplus-online.com)

Source : MOTOR Plus
Penulis : Indra
Editor :




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular