6 Penyebab Cat Motor Jadi Kusam

Selasa, 11 Juli 2017 | 06:18 WIB

Ente sebagai pemilik kendaraan sepeda motor pasti ingin motornya terlihat bersih dan kinclong. Sebab, motor bersih, cat body yang mengkilap, cat motor yang bagus dan lainnya akan menjadi kebanggaan tersendiri.

Melakukan perawatan motor, cat motor pun merupakan salah satu hal penting yang harus dilakukan. Banyak sekali keuntungan yang diperoleh dari cat motor yang mengkilap.

Ada berapa hal yang bisa menyebabkan cat motor Anda terlihat kusam.

Apa sajakah itu? Berikut 6 penyebab cat motor kusam.

(BACA JUGA: 3 Cara Membedakan Oli Palsu dan Asli)

1. Terkena Panas Matahari

Panas terik matahari bisa menyebabkan cat motor kusam cuy. Biasnya terjadi karena memarkirkan motor di area terbuka, terlebih jika berlangsung hingga berjam-jam lamanya.

Mengapa panas matahari bisa menyebabkan cat motor kusam? Alasannya sangat sederhana, sama halnya seperti kulit kita, apabila kita berlama-lama di bawah panas terik matahari maka kulit akan menjadi kusam.

Radiasi UV atau sinar ultraviolet yang ada pada panas matahari bisa mempengaruhi lapisan cat motor, yang mana akan menyebabkan warna cat motor menjadi kusam, menguning, ataupun pudar.

2. Partikel Debu

Debu yang melekat di bodi motor bisa membuat daya kilap dari plastik kian berkurang. Pemilik biasanya menganggap sepele hal ini. Terlebih apabila dibiarkan dalam kurun waktu yang cukup lama.

3. Air Hujan

Nah, banyak pemilik motor yang menganggap sepele hal ini. Mengapa air hujan bisa menyebabkan cat motor kusam? Karena di dalam air hujan terkandung zat asam nitrat atau HNO3 yang mana zat tersebut bisa merusak lapisan kilap cat motor.

Tidak hanya menyebabkan cat motor kusam saja, namun air hujan pun akan mempercepat korosi atau karat pada bagian logam. Sedangkan pada sepeda motor sebagian besar terdiri dari logam.

4. Terkena Minyak

Minyak yang bisa menyebabkan cat motor kusam yaitu minyak rem. Memang minyak rem ini mempunyai yang sangat penting.

Akan tetapi apabila mengenai cat motor Anda, maka bisa merusak lapisan kilap cat motor. Bisanya kejadian ini terjadi ketika motor sedang berada di bengkel.

5. Mencuci Dengan Sabun Colek

Dalam mencuci motor, sebaiknya gunakan sabun khusus pencuci motor, jangan menggunakan sabun colek atau deterjen.

Banyak pemilik motor yang melakukan hal ini dan menganggap sepele. Mengapa sabun colek atau deterjen bisa menyebabkan cat motor kusam?

Di dalam sabun colek atau deterjen terkandung zat kimia keras yang mana dapat merusak kualitas serta bisa mengikis kilap cat motor kesayangan Anda.

6. Proses pengelapan

Pengelapan yang kurang tepat pun salah satu penyebab cat motor kusam. Misalnya masih terdapat air pada motor setelah dicuci. Noda air tersebut nantinya bisa memicu tumbuhnya jamur yang sulit dihilangkan.(www.motorplus-online.com)

 

Penulis :
Editor :




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular