Awas Kunci Keyless Nge-Jam, Mesin Enggak Bakal Nyala dan Setang Tetap Terkunci

Indramawan - Selasa, 8 Agustus 2017 | 11:19 WIB

Kunci keyless enggak tahunya akan ketemu masalah saat ada frekuensi lain yang bikin keyless enggak berfungsi.

Frekuensi dari remote keyless tidak berfungsi karena ada frekuensi lain.

Istilahnya kejadian ini disebut ngejam frekuensi bertabrakan dengan frekuensi lain. 

Kejadian ini biasa terjadi saat kita di tengah ribuan orang dan menggunakan hp. Signal hp untuk menelpon ke luar area akan sulit karena ratusan orang juga sedang menelpon.

(BACA JUGA: Moge Bekas Yang Jadi Buruan)

Bunyi pesan singkat Fariz di group Facebook Suzuki GSX-R 150 Indonesia (02/08). Pesan ini langsung direspon oleh Aloysius Dimas Permana, yang juga adalah member SUGOI (Suzuki GSX Owner Indonesia).

“Kebetulan waktu itu, sayadi daerah sekitar lokasi kejadian, yaitu di Brownies Amanda yang ada di Jl. Kutai, di sebelah Rumah Sakit Katolik St. Vincentius A Paulo (RKZ) Surabaya. Saya coba samperin salah satu member SUGOI yang sepertinya bermasalah dengan remote keyless-nya,” kisah Luis sapaan pembesut GSX-R150 warna biru tahun 2017 itu.

Di sinilah kejadian aneh itu terjadi.

“Saat saya sampai di tempat, saya pun mengunci setang GSX-R saya. Tapi lampu kecil warna biru berkedip lama, gak mati-mati (dekat keyless). Karena kelamaan nunggu (sekitar 1 menit), saya langsung balikin posisi lurus (posisi off), terus saya kunci stang lagi. Beres lampu biru berhenti berkedip…” lanjut Luis.

Ketika Luis coba membantu brother-nya di SUGOI itu, dia mendapati keyless enggak bisa ditekan. Padahal menurutnya, keyless normal.

Penulis : Indramawan
Editor :




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular