Begini Cara Baca Ban Dalam

Candra - Sabtu, 9 September 2017 | 13:19 WIB

Banyak kejadian salah kaprah dengan pembelian serta pemasangam ban dalam.

Kasusnya sudah banyak terjadi, ban dalam tidak sesuai dengan ban luar. Hasilnya justru bikin pemilik motor tekor harus beli ban dalam lagi karena ban dalam sobek.

Kadang ada 'oknum' penambal ban yang tidak paham pembacaan kode ban dalam.

Semisal ban dalam berukuran 70/90-17, justru dipasang pada ban luar ukuran 80/90-17. Itu salah bro!

(BACA JUGA : Ban Dalam Premium Indotire PR Compound Spesial Untuk Turing)

"Ban dalam dan ban luar sudah dibikin dan diperhitungkan saat design dimensi, kalau salah ukuran bisa celaka," ungkap Dodiyanto Marketing - Product Development PT. Gajah Tunggal.

Celaka yang dimaksud disini ya ban dalam meletus atau bocor, sampeyan misti dorong motor cari tambal ban tuh.

Maka dari itu Dodi menjelaskan beberapa cara untuk membaca ban dalam.

Sebagai contoh ukurn ban dalam 80/90-14 atau 90/90-14 (2.50/2.75-14).

"Itu artinya ban dalam tersebur bisa dipasang di ban luar ukuran 80/90-13 atau 90/90-14. Bisa juga digunakan di ukuran ban luar 2.50-14 dan 2.75-14. Di luar itu tidak disarankan," wanti Dodi yang hobby kuliner.

Pembacaan tersebut berdasarkan ban luar yang menggunakan inch dan metric, sebagai contoh 80/90-14 (metric). Dan 2.50-14 (inch).

Ada juga ban dalam yang menggunakan kode single, itu artinya hanya bisa digunakan di satu ukuran ban luar yang sudah direkomendasikan.

"Ban dalam single contohnya 2.75-17, itu artinya hanya direkomendasikan untuk ban luar berukuran 2.75-17 saja," tutupnya lagi.

Bagimana? Sudah paham cara membaca ban dalam, jangan sampai salah pilih ukuran ban dalam lagi ya.(www.motorplus-online.com)

 
 
 

Source : MOTOR Plus
Penulis : Candra
Editor : Hendra




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular