Bahaya Braket Box untuk Bagasi Kalau...

Stephen - Selasa, 19 September 2017 | 05:33 WIB

Banyak orang yang senang mengaplikasi box atau bagasi tambahan pada motor.

“Pakai bagasi tambahan, tampilan motor jadi terlihat gede dan kekar,” alasan Hartono, warga Cirendeu, Tangerang Selatan. Dia pasang box bagasi pada Yamaha Byson miliknya.

Ternyata, pemakaian box tidak bisa sembarangan loh.

Ada beberapa aspek yang harus dipertimbangkan.

(BACA JUGA: Modal Rp 35 Ribu Suara Berisik Di Rantai Suzuki Satria F 150 Hilang

“Harus tau dulu fungsi pemasangan box tesebut. Kalau hanya sekadar gaya atau pemanis doang, biasanya tidak dipikirkan kekuatan dudukan atau braketnya. Karena jarang membawa beban,” jelas Osso Lontoh, foundernya Quantum Motori di Jl. H. Nawi Raya No. 30, Jakarta Selatan.

Pria yang gemar turing ini menambahkan, “Gue pernah ngalamin saat turing, center box di belakang kurang kuat dudukannya. Sehingga saat bawa barang, box bergetar. Itu sangat menganggu konsentrasi riding,” tuturnya.

Bahkan EM-Plus pernah saksikan dengan mata kepala sendiri, salah satu penyemplak moge yang lagi turing dari Lampung menuju pulau Jawa, box bagasinya lepas di kawasan Pasir Putih, Lampung.

Bahaya kan kalau mengenai kendaraan di belakangnya? Untungnya saat itu jalanan sudah sepi karena sudah larut malam.

Dari kasus-kasus tersebut, Osso memutuskan untuk bikin ulang tatakan box dari bahan aluminium.

Penulis : Stephen
Editor : Niko Fiandri




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular