Trik Pasang Voltmeter di Honda Supra X125 PGM-FI, Bikin Keceh..

Arseen - Sabtu, 2 Desember 2017 | 06:20 WIB
Ryan

MOTOR Plus-online.com - Banyak yang masih belum peduli kesehatan accu atau biasa orang sebut aki.

Memang saat ini mayoritas pabrikan motor, membekali rakitannya dengan aki kering, namun bukan berarti kesehatannya diabaikan.

Apalagi semua motor terbaru menganut sistem injeksi, yang notabenya membutuhkan arus aki yang stabil.

Nah, pemasangan voltmeter atau pengukur tegangan aki, penting untuk mengetahui voltase aki, agar gak mengalami drop saat jalan.

(Baca juga: Video Detik-detik Motor Tenggelam Disapu Gelombang Banjir di Medan)

Voltmeter yang banyak dijual tidak lebih dari Rp 100 ribu ini, juga berfungsi mengetahui sistem kelistrikan berjalan normal atau tidak.

Pada motor injeksi, pemasangannya jangan sembarangan sob! Seperti yang dilakukan Supono Ngudiarto di Supra X125 Fi, kebetulan juga punya tipe yang sama dengan penulis.

Pono sapaan akrabnya, menyarankan agar tidak merusak sistem perkabelan asli karena dikhawatirkan sistem injeksi terganggu.

“Kalau potong-sambung kabel atau disuntik pada kabel bodi aslinya, dikhawatirkan korsleting,” wanti Pono, yang ngebengkel di rumahnya Jl. Raya Papan Mas, Tambun, Bekasi, Jawa Barat ini.

(Baca juga: Sedang Naik Daun, Apa Kelebihan Honda All New Scoopy Dibanding Yang Lain?)

Doi memanfaatkan jalur arus masuk fuel meter sebagai pengukur tegangan aki.

Penulis : Arseen
Editor : Arseen




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular