Berkat Alat Canggih, Puluhan Unit Mobil Mewah dan 35 Motor Gagal Diselundupkan, Segala Cara Diambil

Joni Lono Mulia - Selasa, 17 Desember 2019 | 18:58 WIB
Raspati/Otomotifnet
Ilustrasi Press Conference penggagalan penyelundupan mobil dan motor mewah di Tanjung Priok, Jakarta 17 Desember 2019

MOTOR Plus-online.com - Pihak Kementerian Keuangan, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC), beserta Kepolisian Republik Indonesia, TNI dan Kejaksaan, sukses gagalkan upaya penyelundupan puluhan mobil mewah dan motor ke Tanah Air.

Sepanjang rentang 2016 hingga 2019, pihak DJBC telah membongkar tujuh kasus penyelundupan mobil mewah dan motor melalui pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Pihak DJBC berhasil mengamankan sebanyak 19 unit mobil mewah dan 35 unit motor yang terurai terdiri dari rangka motor, mesin motor mewah berbagai merek oleh DJBC Tanjung Priok hari ini,  (17/12/2019).

Barang bukti yang berhasil disita antara lain; 5 unit Honda CRF 1000L, BMW R75/5, 5 unit Harley-Davidosn, 13 unit motor BMW berbagai tipe, 1 unit motor Ducati dan masih banyak lagi lainnya.

Belum lagi puluhan unit mobil mewah, total nilai barang selundupan yang digagalkan itu diprakirakaan mencapai Rp 21 Miliar. 

Baca Juga: Geger Kasus Penyelundupan Harley-Davidson di Pesawat Garuda, Ternyata Gaji Dirut Garuda Setara 12 Ribu Unit Yamaha NMAX

Baca Juga: Salut! Harley-Davidson Ini Jagonya Motor Listrik Buat Turing Lintas Negara, Ternyata di Sini Kehebatannya

Akibatnya, potensi kerugian dari aksi penyelundupan bagi negara ditaksir mencapai hingga Rp 48 miliar.

Modus penyelundupan motor dan mobil mewah itu berhasil digagalkan seperti dipaparkan oleh Sri Mulyani Indrawati, Menteri Keuangan (Menkeu) Republik Indonesia.

Modus penyelundupannya dengan memberikan dokumen keterangan yang tidak sesuai dengan isi sebenarnya.

Tentunya indikasi janggal itu berhasil diantisipasi setelah petugas menemukan beberapa hal aneh mulai dari antara berat barang tidak sesuai dengan berat barang dalam dokumen yang diserahkan.

Hinggak dikerahkannya alat deteksi canggih yaitu hi-co scan kontainer.

Baca Juga: Terobos Banjir, Terus Motor Matik Enggak Mau Jalan? Jangan Panik Buruan Lakukan Hal Ini

Raspati/Otomotifnet
Penggagalan penyelundupan. Boks kayu berisi motor gede yang dipereteli

Source : Otomotifnet
Penulis : Joni Lono Mulia
Editor : Joni Lono Mulia




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular