Virus Corona Belum Reda, BMKG Beri Peringatan Cuaca Ekstrem, Bikers Diimbau Selalu Jaga Kesehatan

Erwan Hartawan - Minggu, 29 Maret 2020 | 08:00 WIB
Ilustrasi musim hujan.
Wartakota.Tribunnews.com
Ilustrasi musim hujan.

MOTOR Plus-Online.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hampir seluruh wilayah Indonesia akan memasuki musim pancaroba.

Ini merupakan peralihan dari musim hujan ke musim kemarau mulai akhir Maret hingga awal Mei 2020

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Widada Sulistya menyampaikan, prediksi itu berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer.

Ia mengimbau masyarakat yang sedang beraktifitas di rumah atau pun diluar rumah khususnya lagi pengendara motor agar tetap menjaga kesehatannya.

Baca Juga: Pengendara Motor Wajib Tahu, Lampu Rem Nyala Terus Ternyata Ini Penyebabnya

Baca Juga: Keren Banget! Cegah Covid-19, Srikandi Damkar Kota Bandung Semprot Disinfektan ke Pengendara Motor

"Secara umum saat pancaroba, perubahan kondisi cuaca relatif lebih cepat, di mana pada pagi-siang umumnya cerah-berawan dengan kondisi panas terik dan dapat diikuti hujan intensitas tinggi dalam durasi singkat yang dapat terjadi pada siang-sore hari," jelas Widada melalui siaran pers BMKG, Sabtu (28/3/2020).

"Kondisi tersebut dapat menimbulkan potensi cuaca ekstrem seperti puting beliung, hujan es, banjir bandang, angin kencang dengan kecepatan lebih dari 45 km/jam dalam durasi singkat," imbuh dia.

Melalui laman resmi peta-maritim.bmkg.go.id, terdapat pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya dari Utara - Timur laut sedangkan di wilayah selatan dari Timur - Tenggara.

Kecepatan angin tertinggi juga terpantau di wilayah Perairan selatan Jawa tengah, Perairan selatan Jawa timur, Samudra Hindia selatan Jawa tengah, Perairan utara Kep. Sangihe - Kep. Talaud.

Source : BMKG
Penulis : Erwan Hartawan
Editor : Ahmad Ridho

Video Pilihan


YANG LAINNYA

Tag Popular