Begal Motor Langsung Ciut, Kapolda Metro Jaya Bentuk Tim Khusus dari Tim Jaguar Sampai Raimas Backbone

Fadhliansyah - Sabtu, 15 Januari 2022 | 10:31 WIB
Ilustrasi begal. Begal Motor Langsung Ciut, Kapolda Metro Jaya Gabungkan Tim Jaguar Hingga Raimas Backbone Jadi Tim Khusus


MOTOR Plus-online.com - Begal motor langsung ciut, Kapolda Metro Jaya, Irjen Fadil Imran, gabungkan tim Jaguar hingga Raimas Backbone jadi tim khusus.

Irjen Fadil Imran melebur tim khusus patroli yang dibentuk oleh masing-masing Polres di wilayahnya menjadi satu.

Fadil juga mengevaluasi keberadaan tim Patroli seperti Jaguar dari Polres Metro Depok, sampai Raimas Backbone besutan Polres Metro Jakarta Timur.

Kemudian tim patroli dari masing-masing Polres di wilayah Hukum Polda Metro Jaya itu pun digabung ke dalam satu tim.

Tim baru yang disebut "Dream team" tersebut bernama Tim Patroli Presisi Polda Metro Jaya.

Keberadaannya diresmikan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo pada Kamis (13/1/2022) kemarin.

Saat diresmikan, Listyo berujar bahwa Tim Patroli Perintis Presisi Polda Metro Jaya harus bisa melakukan langkah-langkah penegakan hukum secara cepat dan tepat.

Selain itu, tim tersebut juga harus selalu hadir di tengah masyarakat untuk mencegah gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat.

Baca Juga: Polisi Sebut Lampu Jalan Jadi Salah Satu Alasan Banyaknya Aksi Begal, Kok Bisa?

"Dengan begitu setiap anggota dapat mengantisipasi setiap gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), seperti aksi tawuran, balapan liar, hingga narkoba, baik yang terjadi pada malam maupun siang hari," kata Listyo.

Listyo pun memerintahkan agar tim besutan Polda Metro Jaya itu bisa menjaga kewibawaan saat bertugas menjaga keamanan Ibu Kota dan sekitarnya. Dia juga meminta agar para anggota di dalamnya tampil humanis dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

"Tampil baik dan humanis, berikan pelayanan yang terbaik. Namun jangan ragu-ragu untuk melakukan tindakan tegas, berwibawa," kata Listyo.

"Jaga kewibawaan rekan-rekan, hindari pelanggaran, tampil dan hadir di tengah lapangan," kata Listyo.

Menurut Listyo, Tim Patroli Perintis Presisi Polda Metro Jaya harus hadir sebagai representasi negara yang memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Hadirlah di tengah masyarakat sebagai representasi negara pada saat masyarakat membutuhkan kehadiran rekan-rekan," pungkasnya.

Irjen Fadil juga mengatakan akan membuat SOP khusus untuk Tim Patroli Perintis Presisi ini.

"Kami juga akan siapkan SOP-nya. Supaya jangan ada lagi ada tim Jaguar, Kobra, apalagi itu tim ketupat sayur, tim lele apa itu macam-macam. Akhirnya dia tumbuh berkembang sendiri, suka-suka dia," kata Fadil dalam keterangannya, Minggu (31/10/2021).

Baca Juga: Jadi Korban Begal hingga Babak Belur, Emak-emak Ini Dapat Hadiah Motor dari Baim Wong

Nantinya, kata Fadil, tim tersebut akan dikhususkan untuk melaksanakan patroli di malam hari.

"Banyak masukan melalui media sosial untuk mengantisipasi kejahatan pada malam hari. Saya berencana akan membuat sebuah Dream Team yang akan melahirkan heroes-heroes baru untuk mengawal masyarakat. Supaya bobok-nya tenang," jelas Fadil.

Wah kalau begini ceritanya, begal-begal motor yang sering beraksi dijamin nyalinya bakal ciut!

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Aksi Kapolda Metro Lebur Tim Jaguar hingga Raimas Backbone, Kini Berganti Dream Team Patroli Perintis Presisi"

Source : Kompas.com
Penulis : Fadhliansyah
Editor : Ahmad Ridho

Video Pilihan



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

Tag Popular