Advertorial

5 Hal yang Perlu Dicermati Sebelum Mencicil Motor Secara Online

Fathia Yasmine - Rabu, 26 Januari 2022 | 17:00 WIB
Dok. Kredivo
Ilustrasi membeli motor secara online

Motorplus-Online.com – Banyak barang kebutuhan kini bisa dibeli secara online. Tidak cuma gadget, furnitur, dan peralatan rumah tangga, kendaraan roda dua juga bisa dibeli secara online.

Menariknya, meski membeli motor secara online, konsumen tetap bisa menikmati fasilitas cicilan dana bulanan. Untuk menikmati fasilitas ini, konsumen hanya perlu mengirim dokumen administrasi seperti KTP, NPWP, dan slip gaji. Setelah cicilan disetujui, motor bisa langsung dikirim ke rumah dan dipergunakan.

Kendati lebih mudah dalam hal pengajuan dan transaksi, pembelian motor secara online juga tetap memerlukan kecermatan. Utamanya dalam hal keamanan transaksi hingga sistem cicilan.

Nah, bagi kamu yang berencana membeli motor secara online dan melakukan pembayaran dengan cicilan, ada lima hal yang perlu diketahui dan dipersiapkan sebelum bertransaksi. Apa saja?

  1. Platform pembelian

Hal pertama yang perlu dicermati adalah platform tempat membeli motor. Apabila kamu memutuskan membeli di e-commerce, cermati dulu apakah platform tersebut menyediakan produk dan cicilan motor atau tidak.

Berdasarkan riset Motorplus, setidaknya terdapat lima e-commerce yang dapat dikunjungi saat ingin membeli  motor, yakni BliBli, Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan JD.ID. Kelima platform tersebut sudah bekerja sama dengan penyedia cicilan dana bulanan Kredivo.

  1. Proses perbandingan motor

Langkah berikutnya yang harus dilakukan dengan cermat adalah proses perbandingan motor. Pada situs belanja online, kamu hanya bisa membaca deskripsi produk yang diberikan oleh penjual.

Agar tidak salah memilih, kamu bisa menonton video review di internet atau menanyakan langsung pada penjual di e-commerce. Jangan lupa tanyakan juga tentang informasi garansi, proses pengantaran, pengembalian, hingga lokasi dealer terdekat.

  1. Perbandingan harga atau promo

Layaknya toko konvensional, masing-masing e-commerce biasanya memberi harga atau diskon yang berbeda untuk produk yang sama.

Untuk itu, kamu bisa membandingkan harga atau promo yang diberikan oleh tiap e-commerce. Bisa jadi, ada e-commerce yang memberikan cashback, gratis ongkos kirim (ongkir), hingga voucher sehingga pembelian motor jadi lebih hemat.

Penulis : Fathia Yasmine
Editor : Sheila Respati

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA