Perjalanan Dijamin Aman dan Nyaman, Begini Tips Touring Jauh Naik Motor Maxi Yamaha

Fadhliansyah - Sabtu, 29 Januari 2022 | 16:25 WIB
Dok. YIMM
Perjalanan Dijamin Aman dan Nyaman, Begini Tips Touring Jauh Naik Motor Maxi Yamaha

MOTOR Plus-online.com - Perjalanan dijamin aman dan nyaman, begini tips touring jauh naik motor Maxi Yamaha.

Salah satu hobi yang sering dilakukan bikers adalah melakukan perjalanan jarak jauh alias touring.

Nah buat pengguna motor Maxi Yamaha yang doyan touring, ini rahasia buat menjaga durabilitas motor ketika dipakai jauh.

Tips ini dibagikan oleh Andhika Marwah Ibrahim (27), pengguna All New Aerox 155 Connected ABS yang saat ini sedang melakukan perjalanan touring jarak jauh.

Andhika saat ini sedang berada di Kota Medan, Sumatera Utara, dalam misi perjalanan touring jarak jauh dari Jakarta menuju monumen tugu 0 Kilometer di Sabang, Aceh.

"Ini bukan perjalanan jarak jauh pertama saya bersama All New Aerox, sebelumnya saya sudah pernah touring ke Pangandaran, Bromo dan juga Bali dengan motor dari Jakarta. Motor belum ada setahun (dari pertama membeli), tapi kilometer sudah tembus lebih dari 50.000," buka Andhika.

"Dan selama perjalanan touring naik All New Aerox motor tidak pernah sekalipun mengalami masalah. Tipsnya adalah rutin melakukan servis berkala di bengkel resmi. Jadi, kalo servis motor itu bukan hanya cuma ganti oli, tapi juga perlu mengecek dan mengganti komponen lainnya sesuai dengan interval yang tertera di buku manual servis," ungkap pria yang juga merupakan anggota Komunitas Aerox Club Indonesia (ARCI) chapter Jakarta.

Menurut Andhika, selain mengganti oli ada beberapa komponen penting lainnya yang juga perlu dicek dan mendapatkan perhatian khusus pada saat melakukan servis rutin guna memastikan kondisi performa mesin selalu dalam kondisi prima.

Baca Juga: Bukti Yamaha Lexi 125 Bukan Kaleng-kaleng, Kuat Diajak Touring Sejauh Ini Gak Cuma Stylish

"Selain oli, perlu juga dicek kondisi kampas rem, jika mengacu ke buku manual servis dari Yamaha itu per 3.000 kilometer. Lalu jangan lupa juga belt CVT per 5.000 kilometer. Ban juga biasanya saya cek baik kondisi fisiknya maupun tekanan angin untuk memastikan cengkraman (traksi) ke aspal tetap gigit," jelasnya.

"Tetapi penggunaan sepeda motor setiap orang itu berbeda-beda jadi terkait intensitas
pengecekan ke bengkel juga perlu disesuaikan dengan kebutuhan tersebut. Kalo saya sebelum touring jarak jauh pasti selalu cek kondisi motor secara total ke bengkel sebelum berangkat dan setelah pulang untuk meminimalisir resiko terjadinya kerusakan,” terangnya.

Andhika juga menyinggung soal keberadaan aplikasi Y-Connect dan My Yamaha Motor yang semakin memudahkan konsumen dalam memantau kondisi sepeda motor serta mendapatkan layanan after sales di delaer resmi Yamaha.

Terutama, bagi para penggemar touring seperti dirinya yang sering melewati berbagai wilayah.

"Saat ini Yamaha juga sudah punya aplikasi Y-Connect dan My Yamaha Motor, ini juga bagi saya pribadi sangat membantu konsumen yang gemar touring. Karena setidaknya mengurangi rasa kekhawatiran di perjalanan. Mau lihat kondisi oli dan aki bisa cek lewat Y-Connect di smartphone. Kalo ada malfungsi juga diberikan notifikasi by email. Dan jika mengaharuskan kita pergi ke bengkel untuk perbaikan, kita bisa lihat lokasi delaer terdekat dan langsung booking jadwalnya untuk servis," tutup Andhika.

Penulis : Fadhliansyah
Editor : Ahmad Ridho




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.