Simak Tips Aman Safety Riding Persiapan Turing Di Libur Akhir Tahun Dari AHM

Didit Abdillah - Kamis, 29 Desember 2022 | 15:00 WIB
AHM
Menjelang libur akhir tahun, banyak aktivitas salah satunya turing. Simak cara aman turing jarak jauh dari AHM.

MOTOR Plus-Online.com - Memasuki libur akhir tahun banyak aktivitas untuk mengisi kegiatan di masa libur natal dan tahun baru atau Nataru. 

Salah satunya dengan melakukan turing motor dengan jarak yang cukup jauh. 

Menjelajah kota atau daerah baru memang menjadi salah satu aktivitas favorit para bikers di Indonesia. 

Namun sebelum melakukan turing, juga harus ada persiapan yang matang agar turing menjadi aman dan nyaman. 

“Setiap pengguna jalan memiliki hak yang sama. Oleh karena itu, penting untuk memahami aturan serta etika ketika berkendara dalam kelompok," ” ujar Johannes Lucky, Safety Riding Manager PT Astra Honda Motor (AHM).

"Kegiatan berkendara dapat lebih aman, selamat sampai tujuan, dan tetap menjaga ketertiban di sepanjang perjalanan," lanjutnya. 

Berikut tips berkendara kelompok yang aman dan nyaman bagi pecinta sepeda motor yang terbagi menjadi 3 tahap pengecekan.

Baca Juga: Tahun Baru 2023 Motor Custom Baru, Modal Rp 20 Jutaan Bikin Bobber Kece

Sebelum Perjalanan

Sebelum berkendara kelompok ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan dan dibahas bersama sesama peserta agar perjalanan dapat tetap selamat dan menyenangkan, diantaranya adalah:

  1. Susun rencana perjalanan dengan baik. Rencana perjalanan dapat meliputi detail seperti jam keberangkatan, titik istirahat, lokasi pengisian bahan bakar, tempat makan, dan destinasi pemberhentian yang ingin dituju.
  2. Tentukan pembagian tugas antar anggota kelompok, seperti siapa yang akan menjadi memimpin rombongan, sweeper, penyedia konsumsi, serta akomodasi. Pembagian tugas pada rombongan akan membuat proses koordinasi berkendara menjadi efektif dan jelas.
  3. Pastikan kondisi sepeda motor dalam keadaan prima dengan melakukan servis kendaraan setiap anggota setidaknya satu hari sebelum perjalanan dilaksanakan.
  4. Lakukan briefing bersama rombongan terkait apa saja yang perlu disiapkan dan dilakukan seperti menjaga daya tahan tubuh dengan beristirahat cukup, surat dan dokumen yang perlu dibawa selama perjalanan, peraturan selama berkendara, serta kebutuhan pribadi lain seperti gadget dan perlengkapannya serta obat-obatan pribadi

Saat Perjalanan

Ketika sedang dalam perjalanan, setiap anggota harus mematuhi kesepakatan tim yang telah ditentukan, beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah

  1. Selalu mengikuti arahan pimpinan rombongan serta sweeper saat berkendara.
  2. Tidak melakukan aktivitas berbahaya atau berkendara dengan arogan. Setiap pengguna jalan memiliki hak yang sama, baik saat berkendara dalam kelompok maupun individu.
  3. Tidak melakukan aktivitas yang melanggar peraturan lalu lintas atau mengganggu hak pengguna jalan lain, seperti menutup jalan untuk kelompok kendaraan dapat melintas dengan lancar.
  4. Tidak menggunakan alat komunikasi elektronik untuk mengobrol yang dapat menurunkan konsentrasi ketika berkendara. Gunakan komunikasi sesuai kebutuhan atau pada situasi darurat.
  5. Lakukan istirahat setiap 2 jam, jaga cairan tubuh untuk menjaga konsentrasi

Baca Juga: Fabio Quartararo Blak-blakan Yamaha Loyo Di MotoGP Gara-gara Maverick Vinales Cabut

 

Source : AHM
Penulis : Didit Abdillah
Editor : Joni Lono Mulia




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular