Terungkap Fakta, Warga Jakarta Lebih Pilih Naik Motor Ketimbang Transportasi Publik

Indra Fikri - Kamis, 2 Maret 2023 | 17:30 WIB
Banjarmasinpost.co.id
Foto ilustrasi. Warga Jakarta lebih memilih naik motor dibanding transportasi publik.

MOTOR Plus-online.com - Ternyata warga di DKI Jakarta lebih memilih naik motor dibandingkan menggunakan transportasi publik.

Hal ini disampaikan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta.

Kepala Pusat Data dan Informasi (Kapusdatin) Dishub DKI Jakarta, Anton Parura mengaku belum melakukan survei terkait fenomena itu.

"Tetapi faktanya kalau kami lihat, pengguna roda dua itu dari tahun ke tahun pasti naik," kata Anton dikutip dari Wartakotalive.com, Rabu (1/3/2023).

Meski begitu, Anton mengklaim penambahan jumlah pengguna motor tidak hanya terjadi di DKI Jakarta, tapi juga di hampir seluruh wilayah Indonesia.

Menurutnya, hal tersebut dikarenakan begitu mudahnya mendapatkan motor dengan sistem kredit yang cukup terjangkau.

"Lalu yang berikutnya adalah menggunakan roda dua itu memang secara keamanan tidak bagus dan tidak aman, karena banyaknya kecelakaan," sambungnya.

Ia menginformasikan bahwa kepolisian juga telah merilis banyak kecelakaan yang terjadi pada kendaraan roda dua.

Baca Juga: Pakai Yamaha NMAX Sudah Ada, Lelaki Asal Batam Mau Pergi Haji Naik Motor Jadul

Hal tersebut dikarenakan kecenderungan orang menggunakan motor itu melakukan pelanggaran baik dari sisi lampu merah, satu arah dan naik pedestrian atau trotoar.

"Kenapa orang memilih kendaraan pribadi? Kalau kami mau lihat, motor itu termasuk kendaraan yang door to door. Kadang-kadang di rumah distarter, sampai di depan kantor gitu," ungkap Anton.

Penulis : Indra Fikri
Editor : Joni Lono Mulia




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular