Jangan Cuma Ikut-Ikutan Kata Mekanik, Begini Efek Negatif Ganti Roller Terlalu Enteng

Uje - Minggu, 2 Juli 2023 | 09:19 WIB
Uje
Ilustrasi bobot roller yang terlalu ringan

MOTOR Plus - online.com Banyak mekanik yang menyarankan untuk ganti roller lebih enteng terutama untuk penggunaan harian.

Ganti roller dengan ukuran yang lebih enteng atau lebih kecil dari standarnya memang bisa bikin tarikan atau akselerasi motor matic lebih cepat.

"Tapi banyak orang atau bahkan mekanik yang ganti roller asal enteng saja," terang Ricard Riesmala owner A2 Speed di Jl. Joglo Raya No.92, Jakarta Barat.

Menurut Ricard yang banyak bikin motor balap baik balap resmi atau balap malam ganti roller yang terlalu enteng bisa bikin efek negatif.

"Ganti roller terlalu enteng tapi tidak ada hitung-hitungannya bukannya bikin motor lari malah bisa bikin motor cuma menggerung," terangnya.

Hal tersebut dikarenakan roller yang terlalu enteng bikin rpm mesin terlalu cepat naiknya.

"Selain itu yang banyak orang tidak tahu ganti roller yang terlalu enteng bisa bikin nafas motor matic cepat habis," tegasnya.

"Misal orang komplen saat kecepatan belum sampai 90 Km/jam kok motor sudah tidak mau naik lagi," tambah Ricard.

Baca Juga: TDR Racing Jadi Sponsor MXGP Lombok 2023 Jadikan Motocross Sebagai Wadah Riset

 Baca Juga: Mau Hemat Malah Bisa Bikin Rugi, Begini Efeknya Pakai Roller CVT Murahan di Motor Matic

Penulis : Uje
Editor : Ahmad Ridho




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular