Wah, Menteri Perindustrian Bilang Emisi Motor Bensin Lebih Rendah Dibanding Motor Listrik

Yuka Samudera - Jumat, 13 Oktober 2023 | 07:39 WIB
MOTOR Plus-online.com/Galih
Ilustrasi motor listrik. Menteri Perindustrian sebut emisi karbon motor bensin lebih rendah dibanding motor listrik, ini penjelasannya.

MOTOR Plus-Online.com - Motor listrik ternyata mengandung emisi yang tinggi dibanding motor bensin disebut oleh Menteri Perindustian, begini maksudnya.

Banyak yang mengatakan jika kendaraan listrik contohnya motor listrik atau mobil listrik tak menghasilkan emisi karbon.

Hal tersebut berbeda dengan motor atau mobil bensin yang gas buang hasil pembakaran mesin mengandung emisi karbon.

Sekedar catatan, emisi karbon adalah proses pelepasan gas yang dikeluarkan dari hasil pembakaran senyawa yang mengandung CO2, solar, LPG, dan bahan bakar lainnya ke lapisan atmosfer.

Namun brother MOTOR Plus tahu enggak, emisi karbon yang dihasilkan motor listrik seperti bisa lebih besar dari mesin bensin, kok bisa?

Menteri Perindustrian menjelaskan mengapa emisi karbon dari kendaraan listrik bisa lebih tinggi dibanding kendaraan bensin.

Mengutip Tribunnews,com, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita kasih penjelasan.

Ia mengatakan, emisi karbon kendaraan listrik atau Electric Vehicle (EV) jauh lebih besar daripada mobil Hybrid maupun Internal Combustion Engine (ICE).

Istimewa
Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita

Baca Juga: Wow United E-Motor Bersiap Bangun Pabrik Baterai Motor Listrik Sendiri

"Datanya mengatakan bahwa per-unit karbon yang dihasilkan oleh EV itu lebih tinggi daripada Hybrid, lebih tinggi daripada ICE, karena sumber energinya masih dari fosil," ungkap Agus, Rabu (11/10/2023).

Penulis : Yuka Samudera
Editor : Ahmad Ridho




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.