Terjawab Kenapa Emisi Kendaraan Listrik Lebih Besar Dibanding Bensin Simak Penjelasan Kemenperin

Aong - Sabtu, 14 Oktober 2023 | 16:17 WIB
BMW Motorrad
Motor listrik lebih besar emisinya jika sumber listriknya masih dari BBM

MOTOR Plus-online.com - Banyak yang bilang polusi motor atau mobil listrik lebih kecil ternyata tidak semuanya benar.

Terjawab dari mana emisi kendaraan listrik lebih besat dibanding besin simak penjelasan ahli agar paham.

Seperti dijelaskan Kementerian Perindustrian, tingkat emisi yang dihasilkan kendaraan listrik masih jadi masalah.

Walau pemakaian kendaraan listrik bisa menekan emisi hingga 100 persen, tapi proses produksi listriknya masih pakai mineral hasil tambang.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita berharap, produsen harus berusaha agar emisi Gas Rumah Kaca (ERK) bisa ditekan.

"Emisi kendaraan listrik akan jauh lebih rendah jika energi listrik yang digunakan untuk proses produksi dan saat mengisi baterai berasal dari energi bersih yang ramah lingkungan," katanya, Jumat (13/10/2023).

"Sehingga, dekarbonisasi sektor kelistrikan dapat membantu mengurangi penggunaan fase emisi pada kendaraan listrik berbasis baterai BEV (battey electric vehicle/BEV) ," lanjut Agus.

Lebih jauh, klaim tersebut diperoleh dari studi Polestar dan Rivian tahun 2021 di Eropa, Amerika Utara dan Asia Pasifik yang dilaporkan Polestar and Rivian Pathway Report (2023).

Pada laporan itu disebutkan jika selama siklus hidupnya, emisi yang dihasilkan EV sangat rendah dibanding kendaraan berbahan bakar fosil.

Baca Juga: Inspirasi Modifikasi Motor Listrik, UBCO 2X2 Hunt Edition Gaya Motocamping Untuk Pemburu

Penulis : Aong
Editor : Aong




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular