Penentuan Juara Dunia MotoGP 2023 Francesco Bagnaia vs Jorge Martin Bukan Pertama Kali Terjadi

Joni Lono Mulia - Rabu, 22 November 2023 | 16:45 WIB
MotoGP
Francesco Bagnaia dan Jorge Martin duel rebutan juara dunia di ronde MotoGP terakhir ternyata bukan pertama kali terjadi lo

MOTOR Plus-online.com - Francesco Bagnaia dan Jorge Martin rebutan jadi juara dunia MotoGP 2023 di ronde pamungkas tahun ini, ternyata penentuan juara dunia MotoGP di ronde terakhir bukan pertama kalinya terjadi.

Sepanjang sejarah MotoGP modern 4-Tak sejak 2002, persaingan juara dunia MotoGP harus ditentukan di ronde pamungkas seperti halnya Francesco Bagnaia dengan Jorge Martin di MotoGP Valencia 2023 sudah berkali-kali terjadi.

MOTOR Plus mencatat sepanjang MotoGP 2002-2023 sudah terjadi 6 kali penentuan juara dunia MotoGP harus dilakukan di ronde pamungkas.

Selain MotoGP 2023 antara Francesco Bagnaia dengan Jorge Martin adalah Valentino Rossi vs Nicky Hayden (2016); Marc Marquez vs Jorge Lorenzo (2013) dan Valentino Rossi vs Jorge Lorenzo (2015).

Lantas Marc Marquez vs Andrea Dovizioso (2017) serta Francesco Bagnaia vs Fabio Quartararo (2022).

Dari total 5 kali penentuan juara dunia MotoGP hingga ronde terakhir; 3 kali juara dunia MotoGP adalah pembalap yang memimpin klasemen jelang MotoGP terakhir.

Hanya 2 kali kejadian pembalap yang memimpin klasemen MotoGP gagal juara dunia MotoGP, yaitu Valentino Rossi musim 2006 dan 2015.

Hal yang menjadikan Jorge Martin berat untuk bisa menjadi juara dunia melihat tren dari 5 kali penentuan MotoGP sebelumnya.

Fakta jika selisih poin di klasemen pembalap jelang ronde MotoGP terakhir di atas 10 poin, semisal di klasemen MotoGP 2023 ini selisih 21 poin antara Francesco Bagnaia dengan Jorge Martin.

Baca Juga: Francesco Bagnaia Bisa Juara Dunia MotoGP 2023 Hari Sabtu di Valencia, Begini Perhitungannya

Source : Berbagai sumber
Penulis : Joni Lono Mulia
Editor : Joni Lono Mulia




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular