Bosch Rexroth Kenalkan Kassow Robot Pertama Kali di Indonesia, Pas Buat Pelaku Industri Otomotif

Galih Setiadi - Kamis, 7 Desember 2023 | 17:13 WIB
MOTOR Plus-online.com/Galih
Teknologi canggih dari Bosch Rexroth, yaitu Kassow Robot.

MOTOR Plus-online.com - Pertama kali diperkenalkan di Indonesia, Bosch Rexroth hadirkan Kassow Robot sebagai alat automasi canggih yang cocok untuk pelaku industri otomotif.

Pengenalan Kassow Robot di pameran Manufacturing Indonesia 2023, Kamis (7/12/2023).

Bukan robot biasa, Kassow Robot berupa collaborative robot (cobot) dengan 7 aksis atau poros.

Cobot sendiri telah umum dikenal sebagai mesin pintar yang mampu bekerjaberdampingan dengan manusia dalam ekosistem otomasi pabrik dan merupakan salah satu elemen penting untuk pabrik masa depan (factory of the future).

Kelebihan Kassow Robot dari Bosch Rexroth (dengan 7 aksisnya) memungkinkan pengaturan posisi siku yang tak terbatas.

Meniru ketangkasan lengan manusia, mesin ini mampu bermanuver lebih cepat, lebih kuat dan memiliki rentang jangkauan lebih panjang untuk dukung automasi produksi di ruang sempit dan sulit.

Selain itu, desain Kassow Robot yang kompak dan ringan (hanya berbobot 34 kg) membuat penggunaan ruang/area di jalur produksi tetap optimal.

Konfigurasi colok-masuk (plug-in) menjadikan proses relokasi dan instalasi berlangsung simpel dan cepat.

Baca Juga: Bosch Indonesia Kembangkan Battery Cloud Untuk Kendaraan Listrik, Bisa Bikin Baterai Kendaraan Listrik Lebih Awet

Teknologi terbaru Bosch Rexroth ini membawa tingkat fleksibilitas baru ke jalur produksi berkat pemrograman intuitif, layaknya antarmuka ponsel pintar, sehingga memudahkan pengaturan dan operasional.

Penulis : Galih Setiadi
Editor : Joni Lono Mulia




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular